Hal Sederhana Berikut Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anda

Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Konten dari Pengguna
30 November 2022 17:16
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Shely Nurloka tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ilustrasi percaya diri (sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-pria-yang-duduk-di-depan-3321795/)
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi percaya diri (sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-pria-yang-duduk-di-depan-3321795/)
ADVERTISEMENT
Apakah kamu pernah merasa kurang percaya diri? kalau iya, itu tandanya kamu memiliki self confidence yang rendah. Lalu, seberapa penting rasa percaya diri dalam menjalani kehidupan sosial?
ADVERTISEMENT

Self confidence sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan sosial

Setiap orang terlahir dengan kemampuan yang berbeda, hal inilah yang membuat rasa percaya diri pada masing-masing orang juga berbeda. Percaya diri adalah keyakinan akan kemampuan yang dimiliki individu, sehingga dapat melakukan setiap kegiatan tanpa rasa khawatir atau cemas. Percaya diri dapat membawa seseorang ke arah kehidupan yang lebih baik.
Rasa percaya diri tentu tidak muncul begitu saja, percaya diri lahir dari perkembangan konsep diri yang diperoleh individu dari proses interaksi dan pengalaman pada kehidupannya. Tak heran, jika seseorang yang sudah memiliki banyak pengalaman memiliki tingkat percaya diri yang tinggi serta mampu tampil menonjol di mana saja. Tetapi tidak semua orang mempunyai pengalaman yang begitu banyak, bahkan seseorang yang sudah berpengalaman pun sering merasa tidak percaya diri saat tampil di khalayak ramai.
ADVERTISEMENT
Sering merasa malu, minder, dan grogi saat bertemu dengan banyak orang merupakan masalah yang dialami seseorang yang tidak percaya diri, hal ini tentunya akan menghambat proses interaksi sosial di lingkungan. Lalu, bagaimana dengan seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah? Akankah hal ini menghambat keberhasilannya? Dapatkah kita membangun rasa percaya diri yang tinggi?

Bagaimana meningkatkan rasa percaya diri?

Merasa kurang percaya diri adalah hal yang wajar, hal ini tentu bisa terjadi karena disebabkan oleh faktor internal dari diri sendiri maupun faktor eksternal yang berasal dari lingkungan sekitar. Jika Anda merasakan hal ini, jangan khawatir. Hal sederhana berikut dapat meningkatkan self confidence membangun rasa percaya diri Anda:

1. Bersyukur

Bersyukur adalah salah satu kunci untuk meningkatkan rasa percaya diri. Bersyukur berarti kita menerima segala sesuatu yang dianugerahkan Tuhan kepada diri kita. Bersyukur dapat meningkatkan rasa cinta pada diri sendiri karena menyadari akan kekurangan yang dimiliki. Sebab pada dasarnya, manusia adalah makhluk yang penuh dengan kekurangan. Dengan bersyukur kita akan lebih percaya dengan memampuan yang kita miliki dan tentunya akan membuat kita merasa lebih percaya diri.
ADVERTISEMENT

2. Stop membanding-bandingkan

Setiap orang dilahirkan dengan kemampuan yang berbeda, bahkan anak kembar pun memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, padahal mereka dilahirkan dari rahim yang sama dan diasuh oleh orang tua yang sama. Oleh karena itu, berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain. Tumbuhkan rasa percaya akan kemampuan dirimu sendiri karena hal ini akan membangun self confidence-mu.

3. Membangun pola pikir positif

Stop memikirkan hal-hal negatif, fokuslah pada hal-hal positif karena pola pikir yang positif akan membangun dirimu menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Bayangkan, jika kamu selalu berpikir negatif sebelum melakukan suatu aktivitas, kamu pasti memiliki rasa takut akan aktivitas tersebut sehingga aktivitasmu berjalan dengan tidak baik. Oleh karena itu, hindarilah hal itu dan ubahlah pemikiranmu dengan pola pikir yang positif karena dapat meningkatkan rasa percaya dirimu.
ADVERTISEMENT

4. Melakukan kegiatan yang menyenangkan

Melakukan hal yang menyenangkan tidak selalu tentang liburan. Mulailah dengan melakukan hobi, seperti memasak, membaca, menyanyi, dan hal sederhana yang bisa membuatmu bahagia. Hal ini akan membuat kamu lebih mencintai dirimu serta yakin akan kemampuan yang kamu miliki. Dengan keyakinan itu, kamu akan lebih percaya bahwa kamu bisa melakukan segala hal dengan penuh percaya diri.

5. Berani berbicara di depan

Biasakan dirimu berbicara di depan, mulailah dari lingkup yang kecil seperti lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan, dan lingkungan sekolah atau di depan kelas. Hal ini sangat membantu kamu untuk semakin percaya diri berbiacara di hadapan khalayak ramai.

Apa keuntungan jika kita percaya diri?

Memiliki rasa percaya diri yang tinggi adalah suatu privilege karena, tidak semua orang tidak mempunyai rasa percaya diri yang baik. Banyak keuntungan yang akan kita rasakan ketika memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Percaya diri dapat membuat kita lebih optimis dalam menjalani kehidupan. Kita juga menjadi lebih yakin bahwa kita mampu melewati segala hal. Selain itu, percaya diri juga membuat kita lebih mudah dalam mengontrol emosi sehingga kita disegani oleh banyak orang.
ADVERTISEMENT
Nah, mudah bukan, tidak ada lagi alasan untuk tidak percaya diri. Karena rasa percaya diri sangat penting untuk kesehatan fisik maupun psikologis. Banyak manfaat positif jika kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Jangan pernah merasa minder karena setiap individu memiliki potensi dan berguna bagi lingkungannya. Mulai dari sekarang, perbanyaklah bersyukur, selalu berpikir positif, dan stop membandingkan dirimu dengan orang lain, lalu cobalah melakukan kegiatan yang kamu sukai dan memberanikan diri untuk berbicara di depan umum. Jangan berharap seseorang akan percaya padamu jika kamu sendiri tidak percaya pada diri sendiri.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020