Food & Travel
·
13 November 2020 23:05

Keindahan Karst Raksaka di Gua Shihua yang Menakjubkan

Konten ini diproduksi oleh Sintia Saeh
Akhir pekan tiba, hati pun senang. Ya, saya sangat senang karena bisa melepas lelah setelah aktivitas di hari kerja yang padat. Kala itu musim dingin, tapi situasi itu tidak menghentikan kegembiraan saya untuk menjelajahi wisata alam di Beijing dan sekitarnya, tempat tinggal saya selama sekitar tiga tahun.
ADVERTISEMENT
Tiongkok sendiri terkenal dengan lanskap atau pemandangan karst. Apa itu karst? Menurut para ahli, karst adalah suatu wilayah daratan yang tersusun dari batu kapur atau batu gamping. Batu kapur, juga dikenal sebagai kalsium karbonat, adalah batuan lunak yang larut dalam air. Saat air hujan merembes ke dalam batu, batu itu perlahan terkikis. Bentang alam karst dapat terkikis dari atas atau dilarutkan dari titik lemah di dalam batuan. Di Tiongkok sendiri terdapat banyak sekali lanskap karst yang dianggap spektakuler di dunia.
Keindahan Karst Raksaka di Gua Shihua yang Menakjubkan (301285)
Pengunjung sedang mendokumentasikan Stalaktit raksasa di Gua Shihua, Beijing, Desember 2017. Sumber: koleksi pribadi.
Nah, kali ini saya berkesempatan mengunjungi salah satu gua karst yang terletak di distrik Fangshan, bagian Barat Daya Beijing, atau sekitar 50 kilometer dari kota Beijing. Gua karst yang saya kunjungi dikenal dengan nama Shihua Cave atau dalam Bahasa Indonesia disebut Gua Bunga Batu.
ADVERTISEMENT
Gua Shihua memiliki lebih dari 30 gua karst yang bervariasi. Berbagai gua ini terbentuk sekitar 490 sampai 450 juta tahun yang lalu atau dalam ilmu geologi masuk dalam periode Ordovician. Karst di sini tipikal yang terbentuk pada daerah iklim sedang Tiongkok Utara, dimulai sejak lebih dari 100.000 tahun yang lalu.
Keindahan Karst Raksaka di Gua Shihua yang Menakjubkan (301286)
Pose bahagia salah satu pengunjung yang sedang menyusuri jalan sempit di Gua Shihua, Beijing, Desember 2017. Sumber: koleksi pribadi.
Hal ini sangat menarik karena lanskap yang terbentuk sejak zaman purba masih ada dan dapat dinikmati oleh masyarakat modern hingga saat ini. Yang lebih menarik lagi adalah ketika Pemerintah dan masyarakatnya berhasil melindungi dan memanfaatkannya sebagai kawasan wisata sehingga memiliki nilai ekonomis dengan berdirinya infrastruktur pendukung.
Gua ini merupakan kawasan wisata dengan pemandangan yang sangat indah sekaligus taman geologi nasional yang terkenal karena tamasya gua karst yang unik dan menyimpan berbagai informasi terkait penelitian geologi yang berharga.
Keindahan Karst Raksaka di Gua Shihua yang Menakjubkan (301287)
Stalaktit dan Stalagmit raksasa di Gua Shihua, Beijing, Desember 2017. Sumber: koleksi pribadi.
Para pengunjung akan takjub begitu masuk ke dalam gua melihat keajaiban dan keindahan alam yang dipercantik dengan lampu berwarna-warni. Semua fitur alam terbuat dari batu stalaktit, stalagmit, ornamen berbentuk menyerupai tirai (stone curtain) dan berbentuk bunga.
Keindahan Karst Raksaka di Gua Shihua yang Menakjubkan (301288)
Stone Curtain di Gua Shihua, Beijing, Desember 2017. Sumber: koleksi pribadi.
Gua Shihua adalah gua karst dengan tujuh lapisan yang tersebar. Lapisan pertama hingga keenam adalah area pemandangan gua dan lapisan ketujuh adalah sungai bawah tanah. Terdapat belasan ruang gua besar yang saling berhubungan dengan lorong-lorong sempit yang tak terhitung jumlahnya, belasan ruang gua dan puluhan gua cabang dalam berbagai ukuran dan bentuk.
Keindahan Karst Raksaka di Gua Shihua yang Menakjubkan (301289)
Jalur menuju berbagai ruang berbeda di dalam Gua Shihua, Beijing, Desember 2017. Sumber: koleksi pribadi.
Gua shihua yang dengan temperatur yang tidak berubah sepanjang empat musim yakni sekitar 13 derajat celsius ini, memiliki stalaktit besar yang digantung dengan ketinggian 18 meter dan diameter 3 meter, terbesar di Tiongkok. Selain itu di gua ini bisa ditemukan moonmilk yang memiliki sejarah 10.000 hingga 50.000 tahun. Moonmilk atau suatu zat berwarna putih/krim terdapat di dalam batu kapur yang menyerupai bentuk teratai yang sangat indah.
Keindahan Karst Raksaka di Gua Shihua yang Menakjubkan (301290)
Moonmilk di dalam Gua Shihua, Beijing, Desember 2017. Sumber: koleksi pribadi.
Gua ini juga memiliki perisai batu terbesar dan tertipis di Tiongkok. Gua Shihua memiliki lebih dari 540 lapisan dan lebar 18 meter, dengan tirai batu terbesar yang menambah pesona gua yang luar biasa ini.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pengalaman saya, jalan-jalan ke lokasi wisata Gua Shihua merupakan salah satu pilihan tepat menikmati liburan di Beijing dengan suguhan pemandangan alam karst yang luar biasa dan menyegarkan pikiran.