kumparan
KONTEN PUBLISHER
16 April 2019 13:47

Pohon Kurma Tumbuh dan Berbuah Manis di Waluran, Sukabumi

KUMPARAN 1.jpg
ohon Kurma di Kampung Susukancagak, Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang
SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian orang mungkin mengira pohon kurma hanya dapat tumbuh dan berbuah di negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi. Namun, sebuah pohon kurma milik Ujang Mubarok (29) tumbuh di halaman rumahnya di Kampung Susukancagak, RT 11 RW 02, Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
"Awalnya dikasih kurma sama tetangga yang pulang dari Arab Saudi, pulang ibadah umrah sama almarhum bapak saya. Bijinya sengaja ditanam di polybag. Setelah tumbuh dipindahkan ke halaman rumah," kata Ujang kepad sukabumiupdate.com, Senin (15/4).
"Hanya satu pohon. Kalau jenisnya kurang begitu tahu, namun kurmanya dari Arab," sambungnya.
KUMPARAN 2.jpg
Buah pohon kurma yang sengaja ditanam Ujang Mubarok (29 tahun) warga Kampung Susukancagak RT 11/02 Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Ragil Gilang
Ujang menjelaskan pohon kurma miliknya itu sudah berumur enam tahun dengan tinggi sekitar 3-4 meter. Saat ini, kata Ujang, pohon kurma itu untuk pertama kalinya berbuah. Dia mengaku buah kurma dari pohon itu memiliki rasa yang manis.
"Kaget campur senang, pohon kurma yang ditanam almarhum bapak saya bisa berbuah. Baru sekali ini berbuah. Kalau buah yang matang warnanya kuning, sedangkan masih mentah warnanya hijau,"pungkas Ujang.
ADVERTISEMENT
Seorang tetangga Ujang, Cepi (29), juga sudah mencicipi kurma dari pohon itu. Dia mengatakan rasa kurma itu memang manis.
"Saya juga dikasih mencicipi kurma yang sudah matang. Ternyata manis juga. Kalau yang belum matang masih ada rasa-rasa kesat gitu," kata Cepi singkat.
Reporter : RAGIL GILANG
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan