Food & Travel
·
19 September 2020 11:52

Situ Cikalapa, Danau Eksotis di Surade, Sukabumi

Konten ini diproduksi oleh Sukabumi Update
Situ Cikalapa, Danau Eksotis di Surade, Sukabumi (19058)
Situ Cikalapa, yang berlokasi di Desa Cipeundey, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa
SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda penikmat alam bebas, nampaknya Anda harus datang ke lokasi yang satu ini. Namanya Situ Cikalapa.
ADVERTISEMENT
Berada di jalur wisata Pantai Ratu Cimandala Desa Cipeundey, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Situ Cikalapa menawarkan pemandangan menarik berupa hamparan danau yang memiliki luas puluhan hektare.
Tak hanya itu, pengunjung pun disusuguhkan suasana sejuk dan alami karena lokasi situ yang dikelilingi pepohonan.
Kedalaman Situ Cikalapa juga cukup bervariasi, mulai dari 30 sentimeter di area tepi, hingga 3 sampai 4 meter di area tengah situ tersebut.
Salah satu pengunjung, Igoy menuturkan, jarak antara Situ Cikalapa dengan bibir Pantai Ratu Cimandala berkisar 300 meter. Jalan menuju Situ Cikalapa sendiri terbilang mudah diakses karena lokasi situ yang berada di pinggir jalan.
Situ Cikalapa, yang berlokasi di Desa Cipeundey, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.
"Jadi sambil menuju ke Pantai Ratu Cimandala, bisa mampir dulu ke situ tersebut," kata Igoy kepada sukabumiupdate.com, Jumat (18/9/2020).
ADVERTISEMENT
Igoy mengatakan, bagi pengunjung lain yang masih bingung ketika hendak mengunjungi Situ Cikalapa, para pengunjung dapat menemukan Kantor Desa Cipeundey.
"Dari kantor Desa Cipeundey ke lokasi sekitar 6 kilometer. Kendaraan roda dua dan empat bisa masuk ke lokasi," katanya.
Situ Cikalapa, yang berlokasi di Desa Cipeundey, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.
Igoy menyebut, di Situ Cikalapa tersedia spot untuk berenang yang relatif aman. Selain itu, ada pula spot camping yang dapat digunakan oleh pengunjung. Hingga saat ini, Situ Cikalapa belum dipasangi tarif masuk alias gratis.
"Tinggal menghubungi Karang Taruna Desa Cipeundey, karena lokasi tersebut belum ada fasilitas dan belum dibuka secara umum," pungkasnya.