kumparan
27 November 2017 20:51

Waduh! Warga di Cicurug Kabupaten Sukabumi Masih Buang Sampah Sembarangan

SUKABUMIUPDATE.com - Pemandangan tak sedap terlihat di salah satu sudut Kampung Kebon Cau RT 2 RW 2 Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tumpukan sampah "menggunung" di semak-semak pinggir jalan setapak dekat pesawahan.
ADVERTISEMENT
"Dari dulu sudah biasa buang sampah disitu, terus dibakar" ujar Hilman (50 tahun) ketua RT setempat, Senin (27/11/2017).
Ia mengatakan sebenarnya warga bisa membuang sampah di pinggir jalan raya sekitar kampung. Namun, warga sudah terbiasa membuang sampah di tempat tersebut.
Petugas kebersihan yang rutin datang setiap Senin pun tidak mengambil sampah yang dibuang warga. Alasannya, akses terlalu jauh dari jalan utama.
“Akses jalan ke kebun tidak bisa masuk mobil dan jauh dari jalan. Itu menjadi kendalan petugas kebersihan," tambah Hilman
Sebagai Ketua RT, Hilman sering mengingatkan warganya untuk menyimpan sampah di bahu jalan. Namun, warga tetap saja membuang sampah di semak-semak belakang kampung.
Informasi dihimpun oleh sukabumiupdate.com, memang tidak tersedia tempat sampah di kampung tersebut. Hal ini juga yang membuat warga sering buang sampah ke kebun.
ADVERTISEMENT
Warga sekitar, Gian Agresta (21 tahun) mengatakan warga enggan menyimpan sampah di pinggir jalan. Rutinitas pengambilan sampah oleh petugas kebersihan dinilai terlalu lama, dan menggangu warga lain.
"Di bahu jalan kan banyak pedagang makanan. Masa saya sama yang lain buang di sana, kasihan kan yang dagang," pungkas Gian.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan