kumparan
Bola & Sports8 April 2020 15:41

Kisah Matuzalem Eks Pemain Serie A: Ketagihan Mozzarella, Kegemukan, Dicadangkan

Konten kiriman user
Francelino Matuzalem
Francelino Matuzalem berjersi Genoa. Foto: Getty Images/Giuseppe Bellini
Tak kurang dari 6 klub Serie A dan 1 klub Serie B pernah dibela oleh Matuzalem Francelino da Silva. Memori apa yang paling membekas di benaknya? Hmm... Mungkin, ingatan soal mozzarella.
ADVERTISEMENT
Well, itu jelas bukan nama klub sepak bola. Bukan pula nama stadion salah satu klub di Italia. Itu nama keju khas 'Negeri Pizza'.
Matuzalem pernah punya pengalaman baik dan buruk terkait mozzarella itu. Pengalaman baiknya, sosok kelahiran Brazil itu bisa merasakan kenikmatan keju yang popularitasnya mendunia tersebut langsung di negeri asalnya.
Buruknya, kelezatan mozzarella membuat Matuzalem ketagihan. Alhasil, dia memakannya dalam jumlah banyak hingga menjadi kegemukan. Ckckck...
"Keju mozzarella! Ya, Tuhan. Aku tidak bisa berhenti memakannya," katanya kepada gianlucadimarzio.com.
"Aku mengalami kelebihan berat badan dan (Emiliano) Mondonico mulai menaruhku di bangku cadangan. Aku tidak menyalahkannya, aku memang memalukan," lanjutnya.
Makanya, jangan maruk. Mozzarella dan jenis keju lainnya 'kan berbahan dasar susu. Jadi, ya, wajar kalau kebanyakan makan jadi kegemukan. Di sisi lain, ya, atlet sepak bola profesional enggak boleh kegemukanlah. Susah larinya.
Francelino Matuzalem
Francelino Matuzalem (kiri) saat membela Hellas Verona. Foto: Getty Images/Marco Luzzani
Sekadar informasi, Mondonico adalah pelatih yang membesut Napoli selama 2000-2001. Matuzalem sendiri memang pernah membela klub kebanggaan publik Naples itu --klub Italia pertamanya-- selama 1999-2001.
ADVERTISEMENT
Sosok yang dulu berposisi sebagai gelandang itu sudah membela Napoli sejak mereka masih di Serie B. Dan tampaknya, Matuzalem lalu bisa mengontrol rasa ketagihannya. Sebab, dia adalah bagian penting Partenopei untuk promosi ke Serie A.
Meski begitu, selain mozzarella, Matuzalem jelas punya kenangan bagus lain di Italia. Salah satunya, ketika menjuarai Coppa Italia 2008/09 dan Piala Super Italia bersama Lazio.
Francelino Matuzalem COV
Francelino Matuzalem (kanan) berjersi Lazio. Foto: Getty Images/Paolo Bruno
Catatan tambahan, selain Napoli dan Lazio, Matuzalem juga tercatat pernah membela Piacenza, Brescia, Genoa, dan Hellas Verona. Petualangannya di Italia ditutup bersama dengan klub yang disebut terakhir.
Matuzalem pernah terikat kontrak dengan Parma, tetapi tak pernah diturunkan. Sementara itu, klub Serie B yang pernah diperkuat oleh sosok yang kini berusia 39 tahun itu adalah Bologna.
ADVERTISEMENT
---
Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi uang tunai Rp50.000.000. Buruan daftar di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan