kumparan
Bola & Sports15 Maret 2020 11:16

Kunci Andre Gomes Pulih dari 'Cedera Horor': Percaya Pasti Bisa

Konten kiriman user
Andre Gomes, Carlo Ancelotti, Everton (SQUARE)
Andre Gomes menjalani laga perdananya untuk Everton usai pulih dari cedera parah. Foto: David Klein/REUTERS
Andre Gomes boleh jadi beruntung karena staf medis Everton begitu telaten merawatnya dan membantunya pulih dari cedera parah. Ya, 'cedera horor' pernah membekap gelandang Portugal itu pada November 2019.
ADVERTISEMENT
Namun, terlepas dari bagusnya fasilitas kesehatan dan kualitas tenaga medis di Inggris, keyakinan dari lubuk hati juga jadi kunci. Kita bicara soal mental. Itu juga menjadi kunci Gomes bisa sembuh dan kembali bermain dalam waktu relatif 'cepat'.
3 November 2019 cedera, lalu 23 Februari 2020 sudah main lagi. Padahal, menurut Ben Dinnery, analis cedera asal Inggris, durasi penyembuhan cedera Gomes mungkin memakan waktu 4-6 bulan.
Kalau berdasarkan situs web American Academy of Orthopaedic Surgeons --organisasi ortopedi Amerika Serikat--, penderita fraktur pergelangan kaki baru bisa beraktivitas normal setelah 3-4 bulan.
Tampaknya, Gomes bakal menjalani durasi masa pemulihan sesuai dua teori di atas jika tidak punya keyakinan dari lubuk hatinya. Semua orang punya masalah, tetapi tergantung dari orang itu sendiri bagaimana menyikapinya.
ADVERTISEMENT
"Setiap orang memiliki persoalan, setiap orang punya masalah. Ada yang mendapat masalah lebih buruk daripada yang kualami. Pesan dariku adalah sekali kamu ingin berbuat sesuatu, jika kamu benar-benar percaya dan memaksakan diri melakukannya, maka kamu bisa melakukannya, setidaknya 95%," katanya kepada BBC.
Meski sempat menderita karena cederanya, eks pemain Barcelona itu tetap berusaha menjadi panutan bagi orang lain. Well, tidak ada yang bisa menghalangi seseorang untuk bisa bermanfaat bagi sesamanya, bukan?
"Tidak penting apa pun masalahmu, pekerjaanmu, hal yang kamu lakukan, apa yang kamu derita. Buatlah dirimu percaya bahwa kamu dapat melakukan sesuatu. Itu pesanku," jelasnya.
Andre Gomes
Andre Gomes saat berjersi Everton. Foto: Instagram / @aftgomes21
Gelandang 26 tahun itu juga sempat bercerita pengalamannya turun latihan bersama skuat utama The Toffees usai mulai pulih dari cedera parah yang menimpanya itu. Gomes punya hati yang kuat sebagai pemain sepak bola, dia ogah dikasihani.
ADVERTISEMENT
"Mereka ada di sana untukku, mereka mengerti apa yang terjadi padaku. Mereka tahu aku mengalami cedera traumatis, jadi mereka berpikir untuk tidak terlalu keras padaku," katanya.
"Namun aku berusaha menjelaskan bahwa jika aku berlatih dengan rekan-rekanku artinya aku siap dan oke-oke saja melaksanakan setiap sesi latihan," lanjutnya.
"Jadi aku meminta para pemain untuk biasa saja, jangan lembek padaku. Aku perlu mempersiapkan diri untuk langkah berikutnya dan langkah berikutnya adalah kompetisi," terangnya.
"Aku harus siap untuk berada di lapangan dan menjadi normal, jadi mari kita mulai di tempat latihan. Mereka paham dan sebenarnya itu sangat mudah," jelasnya.
Well, percaya dan tidak lembek pada diri sendiri adalah kunci pulihnya Andre Gomes. Kadang, kesembuhan itu datangnya dari hati.
ADVERTISEMENT
---
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini.
Bagi yang mau nonton langsung siaran Liga Inggris, bisa ke Mola TV; dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer, bisa cek list schedule-nya di SSCornerID. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersey original.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan