Food & Travel
·
8 April 2021 10:23

Magang di Desa Jipangan

Konten ini diproduksi oleh syaqfaaf
Magang di Desa Jipangan (4975)
Dokumentasi Pribadi, Gapura Pedukuhan Jipangan
Magang merupakan bagian dari praktik kerja, magang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu syarat utama untuk menyelesaikan proses pendidikan yang di tempuh. Magang bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dan menerapkan ilmu yang telah di pelajari selama kuliah.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 2021 Universitas Amikom mewajibkan mahasiswa nya untuk melaksanakan kegiatan magang. Magang yang dilaksanakan mahasiswa ekonomi tahun 2018 berbeda dengan sebelumnya karena pada tahun ini masih terjadi virus covid-19 yang tentunya membuat seluruh kegiatan harus sesuai dengan protokol kesehatan dan melakukan Social Distancing.
Kegiatan magang yang dilakukan ini selama satu bulan yang mulainya nya pada tanggal 1-28 februari 2021 di Desa Wisata Jipangan. desa wisata ini beralamat di Jipangan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184.
Magang di Desa Jipangan (4976)
foto bersama pengelola desa wisata Jipangan
Saya magang dibidang Pemasaran desa wisata Jipangan, pada saat magang saya dianjurkan untuk melakukan kerja di rumah (work from home) peraturan ini dari Pemerintah Kabupaten Bantul.
Desa wisata jipangan merupakan salah satu desa wisata yang berada di Kecamatan Kasihan. Produk khas yang dihasilkan berupa Kipas bambu, selain itu desa Jipangan memiliki sebuah grojogan yang indah dan memiliki pemandangan alam yang indah.
ADVERTISEMENT
Saya dalam melaksanakan magang di bidang pemasaran, yang bertugas untuk memasarkan desa wisata & produk kipas bambu. Namun Desa wisata ini belum mempunyai media untuk memasarkan. dari hal tersebut bahwa masalah yang saya temukan adalah desa wisata jipangan pada saat ini belum mempunyai sosial media dan website, sehingga masalah tersebut merupakan kendala dalam melakukan pemasaran lewat sosial media. Pada saat magang saya berkontribusi untuk membuat inovasi dengan menciptakan sosial media dan website untuk desa wisata Jipangan.
Hasil dari kegiatan magang satu bulan ini saya simpulkan bahwa Desa wisata Jipangan ini lebih maju karena sudah mempunyai media pemasaran online yang tentunya lebih modern dan lebih mudah digunakan. dengan mempunyai media pemasaran tersebut Desa wisata Jipangan dapat lebih dikenal oleh masyarakat luar daerah melalui sosial media.
ADVERTISEMENT
Selama kegiatan magang di Desa wisata Jipangan ini, saya banyak mendapatkan pengetahuan yang berharga seperti keterampilan dan kerja sama antar karyawan serta komunikasi yang harus tetap terjalin antar unit lainnya, agar dapat terjalin hubungan yang baik. Pengalaman yang saya dapat pada saat melakukan magang ini suatu saat pasti akan berguna pada saat terjun di dunia kerja nanti.