News
·
30 April 2017 5:26

12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain

Konten ini diproduksi oleh Tamasyeah
Salah satu pulau dengan pantai terbaik yang dimiliki Indonesia ini berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur, 2 jam perjalanan darat dari Bandara Berau dilanjutkan dengan 30 menit penyebrangan menggunakan speedboat dari Pelabuhan Tanjung Batu. Sebenernya, Derawan ini merupakan sebuah kepulauan, bukan satu pulau aja, yaitu Kepulauan Derawan. Kepulauan Derawan terdiri dari beberapa pulau yang mana masing-masing pulau ini memiliki keunikan wisatanya sendiri-sendiri yang ngasih alesan ke lo untuk nyempetin dateng ke pulau-pulau tersebut satu per satu. Bukan cuma itu aja, lokasi lain yang berada di luar Kepulauan Derawan juga punya daya tarik unik yang bikin elo wajib mampir saat liburan ke Derawan. Berikut 12 wisata di Derawan yang bikin Derawan beda dari destinasi lainnya.
ADVERTISEMENT
1. Tidur Nyenyak Ditemani Suara Ombak di Penginapan Apung Derawan
Derawan merupakan pulau utama dari Kepulauan Derawan dan satu-satunya yang memiliki penduduk. Oleh karena itu, Derawan cocok untuk dijadikan lokasi tinggal saat mengeksplor daerah-daerah di sekitarnya.
12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain (45192)
2. Warna Air Laut Yang Hijau Toska Membuat Pulau Maratua Instagramable Banget Buat Fotoan
Buat yang doyan banget fotoan, di Pulau Maratua ini lo pasti akan dibuat girang karena warna air laut di sini hijau toska nan bening. Fotoan dengan background warna air laut Maratua ini dijamin bakal ngehasilin foto yang instagram material banget, cakep dan nge-trigger orang untuk kasih like dan ninggalin komen "ih dimana tuh" atau "ih bagus banget" atau "ih ngiri!!!" saat elo nge-post.
12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain (45193)
ADVERTISEMENT
3. Pacu Adrenalin Dengan Melompat Di Goa Haji Mangku
Sebenernya ya, kalau disebut goa, Goa Haji Mangku ini agak kurang pas rasanya. Karena, posisinya yang vertikal dengan air yang menggenang di dalamnya membuat Goa Haji Mangku lebih cocok kalau disebut danau atau danau mini karena ukurannya yang ngga sebesar danau juga.
Untuk sampai ke sini, elo bisa coba 2 cara, dengan jalan kaki selama 7 jam dari Maratua Paradise Resort atau dengan menggunakan speedboat dari starting point yang sama menuju ke utara Pulau Maratua dengan hanya memakan waktu 15-20 menit. Menggunakan speedboat pun ngga semudah itu juga, elo harus nunggu air pasang agar speedboat bisa lewat tapi ngga sepasang itu juga supaya nantinya si speedboat bisa parkir ngga jauh dari mulut goa. Kemudian, elo masih harus trekking ringan selama 10 menit hingga akhirnya lo akan menemukan mulut goa dengan warna air birunya yang khas.
12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain (45194)
4. Ribuan Ubur-Ubur Tumpah Ruah Di Pulau Kakaban
ADVERTISEMENT
Belum ke Derawan rasanya kalau belum mampir ke Pulau Kakaban. Di Pulau Kakaban ini terdapat sebuah danau air tawar dimana elo bisa menyaksikan ubur-ubur tanpa sengat (stingless jellyfish) langsung dari habitatnya. Jumlahnya? Mungkin ribuan bahkan lebih!
12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain (45195)
5. Menemukan Kehe Daing, Laguna Tersembunyi Yang Belum Banyak Orang Tau
Kalau sudah puas berenang bareng ubur-ubur di Danau Kakaban (dan berjemur lucu ala bule di pinggir danaunya), jangan pulang dulu. Luangkan waktu sebentar untuk mampir ke salah satu laguna tersembunyi yang masih perawan di kawasan Derawan, Laguna Kehe Daing namanya.
12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain (45196)
6. Sensasi Susur Goa Bawah Laut Di Blue Light Cave Kakaban
Lokasi Blue Light Cave berada di pinggiran Pulau Kakaban, dengan pintu masuknya ngga jauh dari bibir pantai pulaiu ini. Jangan berharap pintu masuknya adalah gapura bagus bertuliskan "Selamat Datang di Blue Light Cave" ya, karena nyatanya pintu masuknya berupa bibir goa yang ada di permukaan air laut.
12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain (45197)
7. Pulau Sangalaki, Rumah Bagi Penyu-Penyu Unyu Di Derawan
ADVERTISEMENT
Bukan sekedar #rhyme, tapi penyu-penyu yang ada di Pulau Sangalaki ini memanglah benar unyu-unyu adanya. Pasalnya, Pulau Sangalaki merupakan kawasan konservasi bagi penyu-penyu untuk bertelur dan melahirkan tukik-tukik nan imut bin unyu.
12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain (45198)
8. Puluhan Manta Ray Menunggu Untuk Berenang Bersama Di Manta Point
Ngga jauh dari Pulau Sangalaki, ada satu spot snorkeling favorit bagi traveler yang sedang liburan ke Derawan, Manta Point namanya. Bukan karena underwater-nya yang ciamik, karena sebenernya di Manta Point ini cuma ada pasir tanpa karang aja, tapi karena Manta Point ini merupakan tempat para Manta Ray mencari makanan yang berupa plankton-plankton kecil. Di sini pada waktu-waktu tertentu, yang biasanya siang sampe sore hari, puluhan Manta Ray berkumpul untuk berebut plankton.
12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain (45199)
10. Danau Labuan Cermin Airnya Sebening Raisa
ADVERTISEMENT
Danau Labuan Cermin berlokasi sedikit jauh dari Derawan, yaitu di Kecamatan Biduk-Biduk atau sekitar 7 jam perjalanan darat dari Tanjung Redeb, Ibukota Kabupaten Berau. Biasanya, traveler main ke Danau Labuan Cermin ini setelah sebelumnya liburan ke Derawan terlebih dahulu, baru setelahnya bisa langsung terbang ke kota asal lewat Bandara Berau di kota Tanjung Redeb.
12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain (45200)
11. Lunturkan Lelah Dengan Berendam Di Sumber Air Panas Asin Pemapak
Air Panas Asin Pemapak berlokasi di Kampung Biatan Bapinang atau 3 jam perjalanan darat dari kota tanjung Redeb, Ibukota Kabupaten Berau. Biasanya, traveler yang sedang menuju ke Biduk-Biduk untuk berenang di Danau Labuan Cermin atau sedang menuju ke Talisayan untuk bertemu dengan Whale Shark akan mampir ke sumber air panas ini.
12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain (45201)
12. Sempurnakan Perjalanan Ke Derawan Dengan Silaturahmi Bersama Bekantan Di Hutan Mangrove Tarakan
ADVERTISEMENT
Kalau elo liburan ke Derawannya melalui Kota Tarakan, sempatkan mampir ke Hutan Mangrove Tarakan untuk silaturahmi dengan penghuni asli di sana, yaitu Bekantan. Salah satu jenis monyet khas Kalimantan yang menjadi maskot Dufan ini bisa kamu jumpai bersama dengan hewan-hewan lainnya seperti Elang Laut dan Monyet Ekor Panjang.
12 Wisata di Derawan yang Membuat Derawan Beda dari Destinasi Lain (45202)
Yuk cari tahu destinasi-destinasi seru Indonesia selengkapnya di sini https://rebrand.ly/KUfllartcl