Pencarian populer

Serunya Bercerita Lewat Fotografi

Ilustrasi kamera. Dok: website kelas fotografi

Fotografi bukanlah hal baru di Indonesia, bahkan kegiatan ini semakin digemari terlihat dari munculnya komunitas - komunitas penggiat fotografi di beberapa kota. Fotografi sendiri pun beragam macamnya sekarang ini, mulai dari food photography, travel photography, bahkan sampai mobile photography.

Ternyata selain menjadi hobi, fotografi pun bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan, karena melalui media foto, kita bisa mengabadikan momen dan juga menyampaikan pesan dengan cara visual yang menarik dan artistik. Tidak heran banyak yang menawarkan jasa foto kepada para konsumen baik itu brand maupun perorangan.

Berikut beberapa daftar komunitas fotografi yang ada di Indonesia:

  1. Komunitas Instanusantara (Instagram @instanusantara, followers IG 185.000, salah satu komunitas fotografi Indonesia yang terbesar di Instagram)

  2. Komunitas Foto Kita (Instagram @fotokitaid, komunitas fotografi Indonesia di bawah naungan National Geographic Indonesia)

  3. Komunitas Iphonesia (komunitas mobile photography khususnya pengguna iPhone)

  4. Komunitas Instastreetid (komunitas foto dengan genre street photography Indonesia pertama di Instagram)

  5. Komunitas MataPonsel (komunitas mobile photography, pada waktu tertentu melakukan kegiatan upload bareng)

  6. Komunitas MLG Foodies (komunitas food photography di Malang, Jawa Timur)

  7. Komunitas Kompakers Bandung (komunitas yang sebagian besar anggotanya ibu-ibu dengan passion yang sama yaitu kuliner dan photography)

  8. Komunitas Fujiguys Indonesia (komunitas pengguna kamera Fujifilm Indonesia)

  9. Komunitas Fotografer Amatir Bandung - Kofaba (komunitas fotografi untuk wadah diskusi dan berbagi wawasan seputar dunia fotografi, komunitas ini fokus kepada hobi tidak untuk bisnis)

  10. Forum Komunikasi Fotografi Mahasiswa Malang - FORKOM FM (wadah berhimpunnya pecinta fotografi di UKM PTN/PTS Malang)

Untuk komunitas Fotografer Amatir Bandung atau kerap disapa Kofaba, biasa melakukan hunting foto bareng di akhir pekan, setiap Sabtu dan Minggu. Ada beragam objek foto yang menjadi bidikan kamera para anggota komunitas fotografi ini. Mulai dari foto model, landscape, human interest dan beragam tema lainnya.

Komunitas ini hunting 2-3 kali dalam seminggu. Untuk objek foto macam-macam, ada model, landscape. Bahkan beberapa waktu lalu mereka hunting foto sampai ke Karimun Jawa, Lombok dan Bali.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dari hobi fotografi, menurut artikel https://kumparan.com/temali/4-saripati-kehidupan-dari-fotografi-jalanan-1550756393318213482 , ada 4 hal yang bisa kita dapat ketika melakukan aktivitas fotografi :

Ilustrasi fotografi jalanan. Dok: Tristia R. - Temali partner kumparan 1001 Media
  1. Melihat detail yang tidak biasa dilihat ketika memandangnya sekilas

  2. Menemukan sudut pandang yang tidak biasa dari objek foto

  3. Melatih interaksi antar manusia

  4. Mengurangi hasrat berlebih untuk mengekspos diri

Bagi para pemula yang ingin memulai belajar fotografi bisa juga menyiapkan diri dengan kamera yang harganya terjangkau terlebih dahulu atau bahkan bisa juga menggunakan ponsel yang kita miliki, dan tentunya gabung dengan komunitas fotografi yang ada. Karena dengan ikut komunitas, selain bisa langsung belajar dengan yang lebih berpengalaman, kita juga bisa langsung mempraktikannya sambil memperluas jaringan pertemanan.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.41