3 Cara Memegang Lembing dengan Benar pada Olahraga Lempar Lembing

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
2 November 2023 14:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sebutkan 3 Cara Memegang Lembing, Foto Hanya Ilustrasi: Pexels/BOOM 💥
zoom-in-whitePerbesar
Sebutkan 3 Cara Memegang Lembing, Foto Hanya Ilustrasi: Pexels/BOOM 💥
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebutkan 3 cara memegang lembing kerap menjadi salah satu pertanyaan yang muncul saat ujian olahraga di sekolah. Agar bisa menjawab pertanyaan dengan benar, maka penting untuk memahami materi mengenai olahraga lempar lembing terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Mengenal Olahraga Atletik, Enik Yuliatin, (2012:57), lempar lembing merupakan cabang olahraga atletik, yang menuntut atlet untuk melemparkan lembing atau tombak pada lapangan dengan ukuran yang telah ditentukan. Biasanya materi ini dipelajari di tingkat Sekolah Dasar.
Dibutuhkan alat lempar berupa lembing yang berbentuk seperti galah dengan runcing besi pada ujungnya untuk bisa bermain lempar lembing. Nantinya lembing akan dilempar sejauh mungkin dengan satu tangan. Lantas, bagaimana cara memegang lembing yang benar agar bisa terlempar jauh?

Sebutkan 3 Cara Memegang Lembing dalam Olahraga dengan Benar!

Sebutkan 3 Cara Memegang Lembing, Foto Hanya Ilustrasi: Pixabay/domeckopol
Ada beberapa cara memegang lembing berdasarkan cara menempatkan jari-jari tangan menurut Jonath, Haag, dan Krempel (1987). Berikut adalah jawaban dari sebutkan 3 cara memegang lembing agar bisa menguasai olahraga lempar lembing dengan benar.
ADVERTISEMENT

1. Cara Memegang Lembing dengan Gaya Amerika

Cara pertama disebut dengan Gaya Amerika. Cara ini dilakukan dengan meletakkan ibu jari dan jari telunjuk saling bertemu di belakang bagian belakang tempat pegangan lembing yang dililit tali. Lalu tiga jari lainnya menggenggam lembing dengan kuat.

2. Cara Memegang Lembing dengan Gaya Finlandia

Selanjutnya adalah cara memegang lembing dengan Gaya Finlandia. Cara ini dilakukan dengan memposisikan ibu jari dan ruas jari tengah berada di belakang lilitan lembing dan telunjuknya berada di sepanjang batang lembing. Sementara jari manis dan kelingking menekan kuat ke arah telapak tangan.

3. Cara Memegang Lembing dengan Gaya Menjepit Tang (Tang Style)

Cara yang terakhir merupakan Gaya Menjepit Tang atau Tang Style di mana jari telunjuk dan jari tengah menjepit lembing di bagian lilitan tali dan jari lainnya menekan kuat ke arah telapak tangan. Posisi jari yang seperti tang membuat cara ini disebut Tang Style.
ADVERTISEMENT
Itu dia jawaban dari sebutkan 3 cara memegang lembing yang benar. Selain bisa menjawab soal ujian dengan baik, mengetahui cara lengkapnya juga bisa mempermudah pemahaman mengenai cara bermain dari olahraga atletik tersebut. (PRI)