3 Cara Mengecek Biaya Pajak Motor secara Online

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
16 September 2023 13:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi Cara Mengecek Biaya Pajak Motor, Foto Unsplash/Paul Hanaoka
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengecek Biaya Pajak Motor, Foto Unsplash/Paul Hanaoka
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mengecek biaya pajak motor dapat dilakukan secara online. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa metode mulai dari website Samsat, aplikasi e-Samsat (Sambara), dan SMS.
ADVERTISEMENT
Membayar pajak kendaraan bermotor menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap tahunnya bagi semua pengendara. Sebelum melakukan pembayaran, pastikan telah mengetahui besarnya tarif pajak yang harus dibayarkan dan usahakan untuk membayarnya tepat wktu.
Perlu diketahui, apabila mempunyai lebih dari satu motor di rumah, maka pajak kendaraan bisa lebih mahal menggunakan sistem tarif progresif. Kendaraan pertama dikenakan tarif 1-2 persen, sedangkan kendaraan kedua, ketiga, dan seterusnya akan dikenakan tarif 2-10 persen.

Cara Mengecek Biaya Pajak Motor

Ilustrasi Cara Mengecek Biaya Pajak Motor, Foto Unsplash/Rob Hampson
Untuk memudahkan dalam memeriksa biaya pajak tahunan, kini dapat dilakukan secara online. Berikut adalah tiga cara mengecek biaya pajak motor secara online mengutip dari laman umsu.ac.id.

1. Website Samsat

Cara paling mudah untuk mengecek tarif pajak yaitu dengan melalui website Samsat. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

2. Aplikasi e-Samsat (Sambara)

Samsat menyediakan aplikasi khusus yang diberi nama Sambara, aplikasi ini akan memudahkan pemilik kendaraan ketika akan mengecek biaya pajak mobil atau motor secara online.
Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan menu lain terkait perpajakan kendaraan. Langkah menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

3. SMS

Apabila tinggal di beberapa provinsi seperti Jawa Barat, Jakarta, dan Jawa Timur, maka bisa mengecek biaya pajak tahunan melalui SMS. Akan tetapi, ini hanya berlaku untuk pajak tahunan, bukan pajak lima tahunan. Cara cek tarif pajak melalui SMS adalah sebagai berikut:
Itulah cara mengecek biaya pajak motor secara online. Pastikan untuk membayar pajak tepat waktu guna menghindaari denda yang berlaku.. (Eln)