5 Cara agar Flu Cepat Sembuh di Rumah

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
22 September 2023 16:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara agar Flu Cepat Sembuh, Foto: pexels/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara agar Flu Cepat Sembuh, Foto: pexels/Pixabay
ADVERTISEMENT
Flu adalah penyakit yang umum dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Meskipun flu biasanya tidak berbahaya, gejalanya yang tidak nyaman seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, dan kelelahan. Untungnya, ada beberapa cara agar flu cepat sembuh.
ADVERTISEMENT
Flu yang berkepanjangan dapat mengganggu rutinitas harian dan dapat menyebabkan komplikasi tambahan, seperti infeksi telinga atau bronkitis yang meradang.

Cara agar Flu Cepat Sembuh

Ilustrasi Cara agar Flu Cepat Sembuh, Foto: pexels/Polina Tankilevitch
Mengutip dari laman pemkomedan.go.id, untuk mengatasi flu dengan cepat tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut adalah 5 cara agar flu cepat sembuh di rumah.

1. Istirahat yang Cukup

Salah satu langkah pertama yang harus dilakukan ketika merasa flu adalah memberikan tubuh untuk istirahat yang cukup. Istirahat yang baik akan membantu tubuh fokus pada penyembuhan.
Cobalah untuk tidur setidaknya 7-8 jam per malam dan hindari aktivitas fisik yang berat.

2. Minum Air Putih

Ketika flu, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum cukup air, jus, teh herbal, dan kaldu hangat dapat membantu melembabkan tenggorokan yang sakit dan mengencerkan lendir yang mungkin terbentuk dalam saluran pernapasan.
ADVERTISEMENT

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang sehat dapat memperkuat sistem kekebalan pada tubuh. Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, sumber protein, dan biji-bijian.
Hindari makanan cepat saji dan makanan yang mengandung gula berlebihan.

4. Berkumur dengan Larutan Garam

Jika mengalami sakit tenggorokan, mencoba berkumur dengan larutan garam hangat dapat membantu meredakan gejalanya. Larutan garam membantu membersihkan kuman dan meredakan peradangan.

5. Gunakan Obat Sesuai Resep Dokter

Ada banyak obat yang tersedia di apotek yang dapat membantu meredakan gejala flu. Antipiretik seperti parasetamol dapat membantu menurunkan demam.
Obat batuk atau dekongestan juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat atau batuk.
Meskipun flu umumnya akan sembuh dengan sendirinya, penting untuk menghubungi dokter jika gejala flu berkepanjangan atau semakin parah. Dokter dapat memberikan saran medis lebih lanjut atau meresepkan obat jika diperlukan.
ADVERTISEMENT
Jangan panik panik ketika mengalami flu, coba untuk menerapkan cara agar flu cepat sembuh di atas, dengan ini akan membantu tubuh pulih lebih cepat dan kembali ke kehidupan normal dalam waktu singkat.