5 Cara Dapat Beasiswa Penuh selama Kuliah di Perguruan Tinggi

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
20 September 2023 11:49 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Dapat Beasiswa. Unsplash/Dom Fou.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Dapat Beasiswa. Unsplash/Dom Fou.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berkuliah di perguruan tinggi menjadi salah satu cara mengubah hidup lewat pendidikan. Namun, bila biaya menjadi kendalanya, maka mahasiswa perlu mengetahui cara dapat beasiswa penuh selama kuliah di perguruan tinggi.
ADVERTISEMENT
Beasiswa untuk perguruan tinggi itu beragam. Ada beasiswa yang menanggung sebagian uang kuliah per semester, ada pula yang memberikan beasiswa secara penuh per semester termasuk memberikan uang saku. Tentu saja mendapatkannya tidak mudah.

Cara Dapat Beasiswa Penuh selama Kuliah

Ilustrasi Cara Dapat Beasiswa. Unsplash/Matt Ragland.
Cara dapat beasiswa penuh selama kuliah di perguruan tinggi dapat dimulai dengan mengetahui beasiswa apa saja yang menyediakannya. Berikut ini cara mendapatkan beasiswa yang dikutip dari topuniversities.com.

1. Tahu di Mana Mencarinya

Hal pertama sudah tentu mahasiswa perlu tahu di mana mencari beasiswa penuh. Tujuan pertama adalah situs web resmi universitas, karena biasanya universitas atau perguruan tinggi tempat berkuliah mungkin menawarkan peluang pendanaan.
Saat ini ada banyak akun media sosial maupun website yang banyak menyediakan informasi beasiswa. Oleh karena itu tak ada salahnya mengikuti akun-akun tersebut supaya tidak ketinggalan informasi.
ADVERTISEMENT

2. Persiapkan Terlebih Dahulu

Setelah mendapatkan informasi beasiswa, persiapkanlah diri sebaik mungkin. Biasanya ada banyak syarat yang harus dilampirkan saat mendaftar. Syarat tersebut sangat beragam tergantung dari pemberi beasiswanya.
Kumpulkan sertifikat-sertifikat penting yang menunjang portofolio. Beberapa pemberi beasiswa bahkan ada yang membutuhkan skor tes bahasa Inggris. Untuk itu, persiapkan berkas-berkasnya lebih dulu.
Dalam proses pengajuan beasiswa biasanya juga akan ada seleksi wawancara. Persiapkan diri sebaik mungkin supaya tidak terlihat bingung dan ragu-ragu saat menjawab pertanyaan.

3. Bekerja Keras dan Tetap Termotivasi

Beasiswa penuh biasanya dibagi adalam dua jenis. Ada beasiswa yang ditujukan pada anak yang kurang mampu, ada juga yang ditujukan untuk anak berprestasi. Tak jarang ada juga yang mempertimbangkan keduanya.
Oleh karena itu, bekerja keras dan belajar sungguh supaya mendapatkan nilai bagus adalah kewajiban. Sebab, sebagian besar beasiswa diberikan kepada anak yang memiliki nilai akademis tinggi maupun berprestasi dalam bidang non-akademik.
ADVERTISEMENT
Meskipun memaksakan diri secara akademis bisa melelahkan secara mental, cobalah untuk tetap termotivasi dengan mengingat tujuan dan jangan lupa berikan diri waktu istirahat sesekali untuk bersantai.

4. Jadikan Diri Menonjol dari Pelamar Lainnya

Dengan banyaknya persaingan untuk mendapatkan beasiswa penuh, penting bagi mahasiswa untuk tampil menonjol di antara para pelamar lainnya. Tunjukkan menunjukkan komitmen nyata untuk mengembangkan diri sebagai individu.
Perlihatkan kepada pemberi beasiswa jika pelamar memiliki minat dan bakat di luar kelas, terlibat dengan komunitas lokal, atau memiliki jiwa kepemimpinan. Pengalaman kerja sukarela juga bisa menjadi nilai lebih.

5. Kirimkan Esai Beasiswa atau Surat Lamaran yang Luar Biasa

Esai lamaran/surat lamaran harus benar-benar memiliki kualitas terbaik. Pastikan teks tersebut jelas dan ringkas. Gunakan format penulisan yang benar, menarik perhatian pembaca dengan pendahuluan yang kuat, tetap fokus pada tema atau topik utama, dan memiliki ejaan dan tata bahasa yang sempurna.
ADVERTISEMENT
Jangan lupa koreksi ratusan kali untuk memastikannya sempurna. Selain itu, mintalah seorang teman untuk memeriksanya. Begitulah cara dapat beasiswa penuh selama kuliah di perguruan tinggi. (Fitri A)