5 Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering yang Ampuh

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
13 September 2023 13:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering, Foto Hanya Ilustrasi: Unsplash/Towfiqu barbhuiya
zoom-in-whitePerbesar
Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering, Foto Hanya Ilustrasi: Unsplash/Towfiqu barbhuiya
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kulit kering kerap terjadi pada bagian tubuh, terutama pada area kaki. Jika mengalami hal tersebut, terdapat beberapa cara mengatasi kulit kaki kering yang bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan sederhana serta cara yang mudah.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Serba Serbi Kesehatan Perempuan, Sallika NS, (2010:64), kulit kaki yang kering biasanya disebabkan oleh terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC, terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama, memiliki jenis kulit kering, ataupun karena kurangnya mengonsumsi air putih.

5 Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering agar Kembali Halus

Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering, Foto Hanya Ilustrasi: Pexels/SHVETS production
Jika memiliki kulit kaki yang kering, mengatasinya bisa dilakukan dengan berbagai cara agar tidak semakin parah. Oleh karena itu, inilah cara mengatasi kulit kaki kering yang ampuh agar kembali halus:

1. Menggunakan Minyak Zaitun

Pertama adalah menggunakan minyak zaitun untuk dioleskan di bagian kaki yang kering. Minyak zaitun merupakan pelembap alami yang bisa mengatasi sekaligus mencegah terjadinya kulit kering.
Caranya adalah mengoleskan minyak zaitun pada kaki yang kering sambil dipijat-pijat. Nantinya minyak akan meresap ke dalam kulit dan bisa membantu mengatasi kulit kering pada kaki.
ADVERTISEMENT

2. Oleskan dengan Madu

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering adalah madu. Bahan alami ini bisa dioleskan pada kaki kering dan membantu meredakan kulit kering tersebut. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, madu memiliki manfaat untuk melembapkan.

3. Mengoleskan Lidah Buaya

Cara mengatasi kulit kaki kering berikutnya adalah dengan mengoleskan lidah buaya.
Gel lidah buaya atau lotion aloe vera bisa membantu mengurangi masalah kulit kering. Lidah buaya terkenal dengan kandungan mineral dan antioksidannya yang bisa membuat kulit menjadi lebih lembap.

4. Gunakan Body Lotion

Selain dengan bahan alami, mengatasi kulit kering juga bisa dengan body lotion. Ada berbagai merek body lotion yang bisa ditemukan dengan mudah di toko maupun minimarket.
Gunakan body lotion secara rutin agar kelembapan kulit lebih terjaga. Dengan kulit yang lembap, kulit kering bisa teratasi dengan baik.
ADVERTISEMENT

5. Minum Air Putih yang Cukup

Terakhir, selain mengatasi dari luar, mengatasi dari dalam tubuh dengan perbanyak konsumsi air putih juga perlu untuk dilakukan. Pastikan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas per hari untuk menghidrasi kulit supaya tetap lembap.
Cara mengatasi kulit kaki kering tersebut bisa diikuti untuk menjaga kelembapan kulit. Dengan begitu masalah kulit kering akan teratasi dan terhindar dari masalah kulit lainnya. (PRI)