5 Cara Mengganti KTP Salah lewat Dukcapil

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
7 November 2023 11:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Mengganti KTP Salah, Pexels/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengganti KTP Salah, Pexels/Pixabay
ADVERTISEMENT
Saat terjadi kesalahan atau perubahan pada KTP, tidak perlu khawatir atau panik berlebihan. Terdapat cara mengganti KTP salah, baik karena adanya kesalahan data maupun perubahan informasi seperti alamat atau data pribadi lainnya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman https://disdukcapil.endekab.go.id/dukcapil, proses penggantian KTP yang salah dapat dilakukan lewat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Ini menjadi langkah penting yang perlu diketahui masyarakat terkait kependudukan.

Cara Mengganti KTP Salah

Ilustrasi Cara Mengganti KTP Salah, Foto: Unsplash/Van Tay Media
Dokumen yang akurat menjadi persyaratan administrasi yang diperlukan di setiap layanan masyarakat, termasuk Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Berikut adalah cara mengganti KTP salah dengan mendatangi Dukcapil:

1. Siapkan Dokumen Pendukung

Langkah pertama adalah mempersiapkan dokumen pendukung yang diperlukan. Dokumen yang diperlukan termasuk KTP lama, akta kelahiran, surat keterangan pindah, dan dokumen lain yang terkait dengan data yang salah.

2. Datangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) sesuai Domisili

Selanjutnya, datangi kantor Dukcapil yang sesuai dengan domisili. Pastikan membawa semua dokumen yang diperlukan untuk mempercepat proses penggantian KTP. Ini menjadi langkah yang penting agar pengajuan dapat diproses.
ADVERTISEMENT

3. Sortir Dokumen yang Memerlukan Pengubahan Data

Setibanya di kantor Dukcapil, sortir dokumen yang memerlukan perubahan data. Pastikan memiliki dokumen yang benar dan lengkap untuk proses penggantian. Petugas Dukcapil akan membantu mengecek dokumen yang diperlukan.

4. Serahkan Syarat yang Diperlukan ke Petugas

Setelah dokumen dan persyaratan disiapkan, serahkan semuanya kepada petugas Dukcapil. Petugas akan memeriksa dokumen dan memandu melalui proses penggantian KTP. Pastikan mengikuti petunjuk petugas dengan cermat.

5. Tunggu Resi Pengambilan KTP

Cara mengganti KTP salah selanjutnya adalah perlu menunggu resi pengambilan KTP baru. Waktu tunggu umumnya sekitar 14 hari dengan mendatangi kantor Dukcapil setempat untuk informasi lebih lanjut.
Proses ini bisa bervariasi di mana tergantung pada daerah dan peraturan setempat. Hal yang perlu dipastikan adalah menunggu resi pengambilan dengan mendatangi Dukcapil setempat atau mengecek situs resmi pengelola terkait.
ADVERTISEMENT
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka akan dapat mengganti KTP yang salah atau memperbarui data dengan lancar. Selain itu, proses ini juga perlu dukungan dengan berkas-berkas yang relevan dengan yang diminta.
Mengganti KTP yang salah atau memperbarui informasi pribadi adalah proses yang penting untuk menjaga validitas dokumen identitas. Cara mengganti KTP salah melalui Dukcapil dapat dilakukan dengan mudah dan efisien. (aww)