7 Cara Menurunkan Kolestrol dengan Bahan Alami

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
24 Juni 2023 14:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi Cara Menurunkan Kolestrol, Unsplash/kike vega
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Menurunkan Kolestrol, Unsplash/kike vega
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mencoba cara menurunkan kolestrol dengan bahan alami dapat menjadi pilihan yang tepat sebelum mengonsumsi obat penurun kolesterol. Selain tidak adanya efek samping, memilih cara alami akan lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT
Kadar kolestrol tinggi adalah salah satu penyebab meningkatkan risiko berbagai penyakit. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami yang bisa dicoba.

Cara Menurunkan Kolestrol dengan Bahan Alami

Ilustrasi Cara Menurunkan Kolestrol, Unsplash/Eneko Uruñuela
Kolesterol naik sebenarnya bisa diturunkan dengan melakukan hal-hal kecil, seperti menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah tujuh cara menurunkan kolestrol dengan bahan alami mengutip dari laman dinkes.bengkaliskab.go.id:

1. Tambahkan jam tidur malam dan kurangi jam tidur siang

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang tidur sekitar 8 jam setiap malam mempunyai kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan dengan yang tidur malam hanya 6 jam atau kurang.
Namun menurut sebuah studi di dalam jurnal Sleep, orang yang tidur siang lebih dari 30 menit justru mempunyai kadar kolesterol lebih tinggi.
ADVERTISEMENT

2. Perbanyak asupan serat

Serat bisa memangkas kolesterol jahat dalam darah dengan jumlah yang kecil namun signifikan. Salah satu cara mudahnya adalah menukar roti putih dengan roti gandum. Sumber serat lainnya yaitu oat, kacang almond, wortel, brokoli, dan buah-buahan.

3. Konsumsi ikan

Ikan mengandung rendah lemak jenuh dan tinggi asam lemak Omega-3. Keduanya bisa menurunkan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam darah yang terkait dengan penyakit jantung. Oleh sebab itu, konsumsilah minimal satu porsi tuna, salmon, trout, atau sarden dalam seminggu.

4. Lebih banyak bergerak

Melakukan olahraga secara teratur bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 5 persen. Pilih aktivitas yang dapat meningkatkan detak jantung seperti jogging, berenang, membersihkan rumah atau berkebun.

5. Jangan lupa sarapan

Penelitian oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko serangan jantung sampai sepertiganya. Menu sarapan yang bagus untuk menurunkan kolesterol salah satunya yaitu bubur gandum.
ADVERTISEMENT
Makanan ini memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan beta glukan, yang dapat membentuk gel tebal dalam saluran pencernaan dan mencegah kolesterol diserap oleh tubuh.

6. Makan lebih banyak kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang jenis apa pun setiap hari bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Selain dikonsumsi langsung, kacang dapat dipadukan dengan cokelat.

7. Kurangi stres

Stres bisa meningkatkan tekanan darah dan menambah risiko aterosklerosis, yang terjadi ketika plak dari kolestrol menumpuk di arteri. Lakukan relaksasi seperti yoga setiap hari minimal 10 menit untuk membantu membuat merasa lebih rileks.
Itulah cara menurunkan kolestrol dengan bahan alami. Hal yang perlu diingat yaitu berbagai cara di atas akan efektif jika dilakukan secara konsisten. (Eln)
ADVERTISEMENT