8 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas agar Jadi Sehat

Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
13 September 2023 22:42
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas. Unsplash/Jan Romero.
ADVERTISEMENT
Cara mengatasi kulit kering dan mengelupas dapat dilakukan dengan memberikan nutrisi yang baik bagi kulit, baik nutrisi dari luar maupun dari dalam tubuh. Apabila nutrisinya baik, kulit kering dan mengelupas dapat menjadi sehat kembali.
ADVERTISEMENT
Mengutip healthline.com, kulit kering atau xerosis merupakan kondisi umum yang disebabkan oleh faktor lingkungan yang menghilangkan kelembapan pada kulit. Cuaca panas, mandi air panas, iklim kering, dan sabun yang keras semuanya bisa memicu kulit kering.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas agar Sehat Kembali

Ilustrasi Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas. Unsplash/Poko Skincare.
Ada delapan cara mengatasi kulit kering dan mengelupas agar menjadi sehat kembali. Berikut ini penjelasannya.

1. Cukupi Kebutuhan Air

Kulit yang kering dapat diatasi dengan mencukupi kebutuhan air. Dengan meminum air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya, kulit dapat terhidrasi. Dengan begitu kulit tetap lembap, sehingga kulit yang mengelupas dapat segera hilang.

2. Gunakan Body Lotion sebagai Pelembap

Penggunaan body lotion sebagai pelembap termasuk cara menghilangkan kulit kering dan mengelupas dengan cepat. Waktu terbaik untuk menggunakan lotion adalah segera setelah selesai mandi maupun mencuci muka.
ADVERTISEMENT
Di saat tersebut, air di kulit mulai menguap dan menyebabkan kulit tidak terhidrasi. Mengoleskan lotion segera setelah mandi akan membantu mengunci kelembapan kulit, sekaligus menghilangkan kulit kering yang mengelupas.

3. Sunscreen Juga Penting

Bila sering beraktivitas di luar ruangan pada siang hari dan terpapar sinar matahari berlebih, gunakanlah sunscreen. Penggunaan sunscreen juga mencegah kulit yang kering dan mengelupas
Oleskan sunscreen dengan SPF minimal 30 yang memiliki perlindungan luas sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

4. Gel Lidah Buaya

Bila kulit terasa tidak nyaman akibat kering. gel lidah buaya juga bisa dipilih sebagai pertolongan pertama. Pasalnya, mengoleskan gel lidah buaya bisa membantu menenangkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar ultraviolet, serta melembapkan kulit.

5. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi dengan bahan yang lembut juga dapat mengangkat sel kulit mati. Namun, perlu memperhatikan kondisi yang menyebabkan kulit mengelupas.
ADVERTISEMENT
Hindari melakukan eksfoliasi jika kulit mengelupas disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih. Melakukan eksfoliasi pada kulit yang sedang terbakar justru dapat memperparah kondisi tersebut.

6. Keringkan Tubuh dengan Lembut

Bagi yang memiliki kulit yang kering dan mengelupas, ada baiknya tidak menggosok handuk secara kasar pada kulit. Cara tersebut dapat memperparah kulit mengelupas.
Tepuk-tepukkan handuk ke kulit secara perlahan sebagai cara menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat.

7. Jangan Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok adalah zat yang sebaiknya dihindari jika ingin memiliki kulit yang sehat dan mulus. Salah satu dampak negatif rokok terhadap kulit adalah membuatnya menjadi kering dan mengelupas.

8. Gunakan Humidifier

Humidifier dalam ruangan bisa menjadi cara menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat apabila penyebabnya adalah kulit kering dan sedang menghabiskan waktu di dalam ruangan yang kelembapannya rendah.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, humidifier dapat meningkatkan kelembapan ruangan, sehingga kulit yang kering bisa menjadi lebih lembap dan tidak lagi mengelupas.
Kesimpulannya, cara mengatasi kulit kering dan mengelupas dapat dilakukan dengan mengonsumsi cukup air, perbanyak menggunakan produk yang menghidrasi dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. (Fitri A)