Bagaimana Cara Melempar Dalam Bola Basket? Ini Tahapan dan Penjelasannya

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
26 September 2023 1:35 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bagaimana Cara Melempar Dalam Bola Basket. Foto: Unsplash/Unsplash+In collaboration with Arthur Edelmans.
zoom-in-whitePerbesar
Bagaimana Cara Melempar Dalam Bola Basket. Foto: Unsplash/Unsplash+In collaboration with Arthur Edelmans.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagaimana cara melempar dalam bola basket yang baik dan benar sehingga menghasilkan lemparan yang memuaskan bisa dipelajari.
ADVERTISEMENT
Cara melempar dalam bola basket memerlukan beberapa tahapan dan teknik khusus sehingga dapat menghasilkan lemparan yang baik serta memuaskan.
Mengutip dari E-Book Hidayatullah, F., Anwar, K., & Handayani, H. Y. (2023), Bola Basket Dasar Untuk Pemula, Thalibul Ilmi Publishing & Education. Ada beberpa tahapan bagaimana cara melempar dalam bola basket sehingga menghasilkan lemparan yang bagus dan menghindari cedera pada tubuh.

Tahapan Bagaimana Cara Melempar Dalam Bola Basket Dengan Baik dan Benar

Bagaimana Cara Melempar Dalam Bola Basket. Foto: Unsplah/Unsplash+In collaboration with Arthur Edelmans.
Berikut tahapan bagaimana cara melempar dalam bola basket:

1. Posisi kaki

Tahap pertama dari cara melempar bola basket yang baik adalah posisi kaki. Posisi kaki merupakan salah satu unsur penting dalam permainan bola basket.
Postur kaki yang benar serta baik meningkatkan keseimbangan dan stabilitas serta memungkinkan pemain dapat melempar bola dengan lebih akurat dan efisien.
ADVERTISEMENT
Dalam posisi berdiri, langkah pertama yang dilakukan adalah berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu. Pastikan kedua kaki sejajar dan jari-jari kaki mengarah ke depan. Kemudian letakkan kaki dominan sedikit di depan daripada kaki nondominan dan tekuk sedikit lutut.

2. Pegangan bola

Tahap kedua setelah posisi kaki adalah bagaimana cara memegang bola. Genggaman bola yang benar meningkatkan penguasaan bola dan meningkatkan akurasi saat melempar bola dalam bola basket.
Dengan cengkeraman bola yang tepat, seorang pemain dapat meningkatkan penguasaan bola dan meningkatkan akurasi dalam melempar bola.
Pegang bola dengan meletakkan bola di telapak tangan dominan. Kemudian gerakkan jari tangan ke atas dan rapatkan jari tangan di sekitar bola. Pastikan jari-jari tangan tidak terlalu berdekatan agar bola dapat digerakkan dengan mudah.
ADVERTISEMENT

3. Gerakan lengan

Tahap berikutnya ialah gerakan lengan. Gerakan lengan yang benar meningkatkan kecepatan, ketepatan dan kekuatan saat menembak bola.
Dalam bola basket, pemain harus mampu menembak bola kedalam ring dengan cepat dan akurat di situasi ketat dan kompetitif. Oleh karena itu, teknik gerakan lengan yang benar sangatlah penting.
Langkah pertama dalam gerakan lengan adalah mengangkat bola ke atas dengan tangan dominan. Kemudian tekuk siku dan tekan bola dengan kekuatan pergelangan tangan.
Bola harus melewati jari-jari tangan dan tidak menyentuh ibu jari. Pastikan lengan tidak terlalu dekat atau terlalu lebar saat melempar bola. Gerakan lengan harus diarahkan ke atas dan ke depan dan dilakukan dengan kekuatan yang cukup untuk mencapai tujuan.
ADVERTISEMENT

4. Postur tubuh

Tahap berikutnya setelah gerakan lengan adalah postur tubuh. Postur tubuh yang benar membantu meningkatkan keseimbangan dan stabilitas saat menembak bola kedalam ring basket.
Serta juga membantu pemain menembak bola dengan lebih akurat dan efisien dalam permainan bola basket.
Untuk mencapai posisi tubuh yang benar melempar bola basket adalah pemain harus menjaga kepala tetap tegak dan pandangan tertuju pada sasaran.
Kemudian pemain harus menjaga pinggulnya ke belakang dan tidak menggerakkan pinggulnya terlalu jauh ke depan saat melempar bola. Hal ini membantu menjaga keseimbangan dan mencegah pemain kehilangan kendali bola.

5. Latihan

Tahap terakhir dari cara melempar bola basket dengan baik dan benar ialah latihan. Latihan dapat membantu meningkatkan keterampilan dan kemampuan melempar bola dengan baik.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu penting untuk berlatih secara rutin untuk meningkatkan teknik, ketepatan dan kecepatan melempar bola dalam bola basket.
Itulah beberapa tahapan serta penjelasan bagaimana cara melempar bola basket dengan baik dan benar. Semoga dengan artikel ini dapat membantu lebih mudah memahami cara serta tahapan–tahapan dalam permainan bola basket.