Cara Melakukan Pivot dalam Olahraga Bola Basket

Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
11 September 2023 16:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Melakukan Pivot. Foto: Unsplash/Markus Spiske
ADVERTISEMENT
Dalam olahraga bola basket ada berbagai jenis teknik dasar yang harus diketahui khususnya oleh pemula. Salah satu dari teknik dasar tersebut yaitu pivot. Lantas, bagaimana cara melakukan pivot dalam olahraga bola basket?
ADVERTISEMENT
Menurut buku Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan dan Olahraga Bola Basket, M Muhyi Faruq, (2009: 54), pivot adalah teknik dasar untuk memutarkan tubuh ke segala arah dengan menggunakan satu kaki dan kaki yang lain sebagai poros.
Pivot dilakukan dengan tujuan untuk menyelamatkan bola yang sedang dibawa oleh pemain dan pada saat itu ada lawan yang akan merebut bola.

Bentuk dan Jenis Pivot Berdasarkan Pergerakannya

Ilustrasi Cara Melakukan Pivot. Foto: Unsplash/TJ Dragotta
Disarikan dari Buku Jago Bola Basket, Lulu Lukyani, Reki Siaga Agustina, M.Pd., AIFO-P., (2020:22), bentuk pivot ada dua, yakni in front pivot dan reverse pivot.
Sedangkan, jenis pivot berdasarkan pergerakannya ada tiga, yaitu pivot lalu membawa bola (dribbel), pivot lalu mengoper bola (passing), dan pivot lalu menambahkan bola (shooting).
ADVERTISEMENT

Cara Melakukan Pivot dengan Mudah

Ilustrasi Cara Melakukan Pivot. Foto: Unsplash/Nick Jio
Masih dari sumber buku yang sama, pivot dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama dengan berputar ke arah depan, kedua dengan berputar ke arah belakang.
Saat melakukan gerakan pivot ini, pertahankan dan pegang dengan kuat bola dari sergapan lawan. Kemudian, dengan gerakan putaran kaki, putarkan badan hingga 360 derajat.
Cara melakukan pivot dalam olahraga bola basket adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Itu dia informasi seputar cara melakukan gerakan pivot, bentuk pivot, dan jenis pivot. Sebagai informasi tambahan, jika dalam melakukan gerakan pivot terjadi gerakan atau pergeseran pada kedua kaki, maka akan dinyatakan sebuah pelanggaran. (Diah)