Konten dari Pengguna

Cara Melempar Bola dalam Permainan Bola Basket

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
23 September 2023 2:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Melempar Bola dalam Permainan Bola Basket. Unsplash/Artistic Fames.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Melempar Bola dalam Permainan Bola Basket. Unsplash/Artistic Fames.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara melempar bola dalam permainan bola basket dapat dilakukan dengan beberapa teknik khusus. Salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain adalah teknik melempar bola atau passing.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Irwansyah (2006), teknik dasar melempar bola dalam permainan basket digunakan untuk menghasilkan poin dan memenangkan pertandingan.
Memberikan bola kepada rekan satu tim memang terlihat mudah, tetapi ketika ada lima pemain lawan yang bersiap untuk mengganggu bahkan mengambil bola, hal itu tak semudah yang dibayangkan.

Cara Melempar Bola dalam Permainan Bola Basket

Ilustrasi Cara Melempar Bola. Unsplash/Shrikant Ambawale.
Berikut adalah beberapa teknik cara melempar bola dalam permainan bola basket:

1. Chest Pass

Chest Pass atau umpan dada ini berupa umpan langsung searah dengan dada dimaksudkan untuk mengirim bola kepada rekan satu tim dan tidak perlu dipantulkan terlebih dahulu ke lantai. Teknik ini digunakan untuk umpan jarak pendek antar rekan satu tim.
ADVERTISEMENT
Caranya yakni bola dipegang secara kuat dengan kedua tangan, dengan posisi bola di dada pemain. Lalu, bola dilemparkan dengan kedua tangan mengarah lurus ke depan menuju arah dada rekan satu tim.

2. Bounce Pass

Berbeda dengan teknik di atas yang diarahkan langsung kepada rekan satu tim, umpan ini harus dipantulkan terlebih dahulu ke lantai. Akurasi harus baik dalam melakukan bounce pass.
Bounce pass sangat cocok untuk tim yang sedang menguasai permainan dengan beragam variasi serangan untuk membuka ruang tembak.

3. Overhead Pass

Teknik yang satu ini merupakan umpan yang dilakukan dari atas kepala. Biasanya umpan ini digunakan ketika seseorang terdesak dalam situasi kepungan lawan dan memaksa untuk segera memindahkan bola kepada rekan satu timnya.
Melakukan passing bola akan lebih aman ke rekan yang lebih tinggi daripada ke rekan yang lebih pendek sebab rawan untuk diantisipasi jika penjaganya memiliki ukuran tubuh yang lebih tinggi.
ADVERTISEMENT

4. Baseball Pass

Teknik baseball pass merupakan teknik passing dengan menggunakan satu tangan. Teknik sering dilakukan oleh para pemain basket profesional dan cukup populer .

5. Back Pass

Teknik passing yang satu ini agak menjebak, karena pemain mengumpan bola kepada rekannya dengan posisi bola dibelakang tubuh. Teknik passing ini cukup berhasil karena sulit dibaca oleh lawan. Tetapi dibutuhkan konsentrasi yang tinggi.
Lima cara melempar bola dalam permainan bola basket di atas bisa dipraktikkan langsung di lapangan saat berlatih bersama teman satu tim. (APR)