Cara Memasak Kacang Panjang Kecap yang Lezat

Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
28 Agustus 2023 11:41 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Memasak Kacang Panjang Kecap. Pexels.com/aboodi
ADVERTISEMENT
Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran yang sering diolah menjadi hidangan lezat bergizi.
ADVERTISEMENT
Salah satu cara untuk menikmati kacang panjang adalah dengan membuatnya menjadi hidangan kacang panjang kecap yang lezat. Untuk itu, Anda bisa mencoba cara memasak kacang panjang dengan kecap yang lezat.
Dikutip dari jurnal.darmaagung.ac.id, bahwa salah satu sayuran bernilai ekonomi dan bernilai gizi yang baik adalah kacang pancang polong muda kacang panjang (Vigna sinensis L.) banyak mengandung vitamin A, B, dan C, protein 2,7 gram.
Mengandung lemak 0,3 gram, hidrat arang 7,8 gram dan menghasilkan 34 kilo kalori untuk setiap 100 gram bahan berat bersih sedangkan bijinya yang sudah tua mengandung protein yang cukup tinggi.

Bahan-bahan Memasak Kacang Panjang

Ilustrasi Bahan-bahan Memasak Kacang Panjang. Pexel.com/eva
Berikut beberapa bahan-bahan memasak kacang panjang kecap yang harus dipersiapkan terlebih dahulu :
ADVERTISEMENT

Cara Memasak Kacang Panjang Kecap

Ilustrasi Cara Memasak Kacang Panjang Kecap. Pixabay.com/Nandalal
Berikut adalah cara memasak kacang panjang kecap yang lezat untuk Anda coba :

1. Siapkan dan Potong Bahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu, cuci bersih kacang panjang, buang ujung-ujungnya, dan potong menjadi bagian yang lebih kecil sesuai selera.

2. Tumis Bawang

Selanjutnya, Anda harus memanaskan sedikit minyak sayur dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berwarna kecokelatan.

3. Masak Kacang Panjang

Lalu, setelah ini Anda bisa memasukkan potongan kacang panjang ke dalam wajan. Tumis sebentar hingga kacang panjang berubah warna menjadi lebih cerah.
ADVERTISEMENT

4. Tambahkan Saus

Jika langkah sebelumnya sudah Anda lakukan, Anda bisa menuangkan kecap manis dan saus tiram ke dalam wajan. Aduk rata sehingga kacang panjang terbalut dengan bumbu.

5. Bumbui dan Koreksi Rasa

Lalu, Anda bisa melanjutkan dengan menambahkan gula pasir (jika diinginkan), sedikit garam, dan lada secukupnya sesuai selera. Aduk rata dan biarkan kacang panjang matang dengan bumbu.

6. Siap Disajikan dan Sajikan Masakan

Setelah kacang panjang matang dan bumbu meresap, cicipi dan koreksi rasa jika diperlukan. Angkat dari api. Hidangan kacang panjang kecap siap untuk disajikan. Nikmati sebagai lauk pendamping nasi putih hangat.

Tips Tambahan

- Pemilihan Kacang Panjang

Pilih kacang panjang yang segar dan masih renyah. Hindari yang sudah layu atau berwarna kecokelatan.

- Kecap dan Saus Tiram

Pemilihan merk kecap dan saus tiram dapat mempengaruhi rasa akhir hidangan. Pilih produk yang memiliki rasa yang Anda sukai.
ADVERTISEMENT

- Variasi Rasa

Anda dapat menambahkan bahan tambahan seperti irisan cabai merah atau wortel untuk variasi rasa dan tampilan yang lebih menarik.
Dengan resep di atas, Anda dapat membuat hidangan kacang panjang kecap yang lezat dan menggugah selera dengan mudah.
Rasakan sensasi gurih manis yang disajikan dalam setiap suapan. Jangan ragu untuk mengkreasikan hidangan ini sesuai dengan selera pribadi dan nikmati bersama keluarga atau teman-teman terdekat.