Konten dari Pengguna

Cara Menggunakan Avo Digital untuk Mengukur Arus Listrik

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
11 Oktober 2023 19:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Menggunakan Avo Digital, Foto Hanya Ilustrasi: Unsplash/Nicolas Thomas
zoom-in-whitePerbesar
Cara Menggunakan Avo Digital, Foto Hanya Ilustrasi: Unsplash/Nicolas Thomas
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Avo digital adalah alat yang bisa digunakan untuk mengetahui arus listrik. Agar bisa mengukur arus listrik dengan tepat, maka cara menggunakan Avo digital penting untuk diketahui.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Buku Ajar Listrik dan Elektronika Dasar Teknik Pertanian, Mareli Telaumbanua, (2022:73), Avo digital merupakan singkatan dari Ampere, Volt, dan Ohm dan termasuk ke dalam jenis multimeter. Alat ukur ini digunakan untuk mengukur besaran resistansi, arus listrik, serta tegangan listrik.
Pada multimeter digital atau Avo digital hasil pengukuran akan ditampilkan pada layar display. Lantas, bagaimana cara menggunakan alat tersebut untuk bisa mengukur arus listrik dengan benar?

Cara Menggunakan Avo Digital dengan Benar

Cara Menggunakan Avo Digital, Foto Hanya Ilustrasi: Unsplash/Hobi industri
Untuk bisa mengukur besaran arus listrik atau Ampere bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Avo digital. Bagi yang baru pertama kali menggunakan alat tersebut, inilah cara menggunakan Avo digital dengan benar untuk mengukur arus listrik.
ADVERTISEMENT
Dengan menggunakan Avo digital, mengukur arus listrik bisa menjadi lebih mudah dibandingkan dengan multimeter analog. Perbedaan dari kedua alat tersebut terlihat dari segi bentuk serta cara penunjukan hasil pengukuran.
Mengukur dengan Avo digital juga dinilai lebih akurat dibandingkan dengan multimeter analog. Sebab, jika menggunakan analog, maka masih perlu melakukan perhitungan manual sehingga lebih dibutuhkan ketelitian.
Setelah mengetahui cara menggunakan Avo digital tersebut, kini mengukur arus listrik bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pastikan untuk selalu berhati-hati saat mengukur arus listrik agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. (PRI)