Cara Mengurus SIM Hilang Terbaru 2023 untuk Pengendara

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
10 Juni 2023 13:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Mengurus SIM Hilang. Foto: Unsplash/Louis Hansel
zoom-in-whitePerbesar
Cara Mengurus SIM Hilang. Foto: Unsplash/Louis Hansel
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengendara wajib mengurus SIM yang hilang. Pada artikel ini Tips dan Trik akan membagikan cara mengurus SIM hilang di tahun 2023.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman resmi polri.go.id, SIM (Surat Izin Mengemudi) akan diberikan kepada pengendara yang telah memenuhi syarat administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil berkemudi.

Cara Mengurus SIM Hilang untuk Pengendara

Cara Mengurus SIM yang Hilang. Foto: Unsplash/mansour ehsani
Namun, jika SIM yang telah diberikan hilang, pengendara tidak perlu membuat dari awal lagi. Cukup lakukan cara mengurus SIM yang hilang berikut ini:

1. Laporkan Kehilangan SIM

Segera laporkan kehilangan SIM Anda ke kepolisian setempat. Pengendara akan diminta mengisi laporan kehilangan dan memberikan informasi yang diperlukan.

2. Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Untuk mengurus penggantian SIM yang hilang, pengendara perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut:
ADVERTISEMENT

3. Kunjungi Kantor Kepolisian

Setelah melaporkan kehilangan SIM dan memiliki dokumen yang diperlukan, kunjungi kantor kepolisian untuk mengurus surat keterangan kehilangan SIM.

4. Periksa Persyaratan dan Biaya

Cek persyaratan dan biaya yang berlaku seusai domisili untuk penggantian SIM yang hilang. Persyaratan dan biaya dapat berbeda-beda di setiap daerah.

5. Kunjungi Kantor Satuan Lalu Lintas

Setelah pengendara mendapatkan surat keterangan kehilangan SIM, kunjungi kantor Satuan Lalu Lintas atau instansi yang berwenang untuk mengurus penggantian SIM yang hilang. Serahkan dokumen yang diperlukan dan ikuti prosedur yang ditetapkan.

6. Ikuti Proses Penggantian SIM

Proses penggantian SIM dapat melibatkan verifikasi data, pengambilan foto dan sidik jari, serta pembayaran biaya administrasi. Ikuti instruksi petugas dengan cermat dan berikan informasi yang akurat.

7. Tunggu Penggantian SIM

Jika proses penggantian selesai, pengendara akan diberikan tanda terima atau sementara yang dapat digunakan sebagai pengganti SIM yang hilang.
ADVERTISEMENT
SIM asli akan dikirimkan kepada pengendara dalam waktu tertentu, tergantung pada prosedur yang berlaku. Pastikan pengendara mengikuti prosedur dan persyaratan yang berlaku dalam cara mengurus SIM yang hilang.
Jika masih ada pertanyaan lebih lanjut, pengendara bisa menghubungi Satuan Lalu Lintas untuk informasi yang lebih lengkap dan akurat mengenai penggantian SIM yang hilang yang berlaku pada domisili setempat. (Andi)