News
·
18 Mei 2021 10:38

Alibaba hingga Google Dukung Gojek dan Tokopedia untuk Merger

Konten ini diproduksi oleh Tugu Jogja
Alibaba hingga Google Dukung Gojek dan Tokopedia untuk Merger (56102)
Gojek dan Tokopedia yang lakukan merger. Foto: istimewa.
Gojek dan Tokopedia resmi bergabung membentuk Grup GoTo sebagai grup teknologi terbesar di Indonesia. Grup ini digadang-gadang akan menyediakan berbagai solusi untuk jalani keseharian. Ini menjadi kolaborasi 2 perusahaan besar di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Mengkombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, Grup ini akan menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia untuk layani kebutuhan konsumsi rumah tangga.
“Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya,” ujar Andre Soelistya, CEO GoTo, dalam keterangan yang diterima, Senin (17/5/2021).
Indonesia saat ini memiliki Indonesia memiliki PDB lebih dari USD 1 triliun, serta merupakan negara dengan populasi terbesar ke-empat di dunia dengan total penduduk 270 juta. Dengan segmen kelas menengah, pihaknya akan berupaya memberikan layanan pengiriman yang cepat dengan jangkauan yang luas untuk layanan digital.
ADVERTISEMENT
“Ini adalah kombinasi dari dua perusahaan yang memiliki prinsip, pemikiran dan etos kerja yang sama,” ujar Kevin Aluwi, CEO dan Co-founder Gojek.
Kesepakatan ini didukung oleh investor besar termasuk Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital India, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus.