News
·
27 April 2021 19:25

Jogokariyan Perlu Dana Sekitar Rp 5,8 Triliun untuk Beli Kapal Selam Baru

Konten ini diproduksi oleh Tugu Jogja
Jogokariyan Perlu Dana Sekitar Rp 5,8 Triliun untuk Beli Kapal Selam Baru (95436)
Infaq bantuan pembelian Kapal Selam Pengganti KRI Nanggala 402 oleh Masjid Jogokariyan. Foto: Instagram/@masjidjogokariyan
Aksi penggalangan dana untuk membeli kapal selam baru pengganti KRI Nanggala 402. Penggalangan dana ini sudah berlangsung sejak Senin (26/4/2021).
ADVERTISEMENT
Anggota Dewan Syuro Masjid Jogokariyan Jogja, Ustaz Fani, mengungkapkan bahwa pihaknya optimis bisa mengumpulkan dana untuk pembelian kapal selam baru itu.
"Kita optimis artinya sejarah pernah terjadi, kapal pertama NKRI dimiliki bukan hutang, malah dari rakyat aceh. Hari ini kita butuh kekompakan, bersatu menguatkan armada laut," ungkapnya.
Ia tak merinci berapa uang yang akan dikumpulkan untuk donasi ini. Namun, pihaknya akan lakukan pengkajian dengan pihak terkait untuk menentukannya.6
Jogokariyan Perlu Dana Sekitar Rp 5,8 Triliun untuk Beli Kapal Selam Baru (95437)
adv
Diperkirakan, untuk membeli 1 unit kapal selam baru sejenis KRI Nanggala 402 harganya ditaksir senilai 400 juta dolar AS per unit atau setara Rp 5,8 triliun.
Donasi akan terus dibuka dan akan dilakukan evaluasi secara periodik. Hingga kini, penggalangan dana dilakukan dengan 2 cara. Yang pertama dilakukan oleh Himpunan Anak Masjid (Hamas) Masjid Jogokariyan di pasar Ramadhan. Yang kedua secara online.
ADVERTISEMENT
Hingga kini, kegiatan ini telah mendapat respons positif dari masyarakat. Baik sevara individu maupun kelompok, telah berpartisipasi baik memberikan sumbangan dan melakukan publikasi.
"Secara pribadi alhamdulillah lumayan bahkan tokoh nasional termasuk Ustadz Abdul Somad, Ustadz Salim A. Fillah, figur publik, milenial, macam-macam. Secara kelembagaan juga banyak yang support," tuturnya.