• 0

PUBLISHER STORY

Mahasiswa FKH UGM Kampanye Bawa Botol Minum Tiap Kuliah

Mahasiswa FKH UGM Kampanye Bawa Botol Minum Tiap Kuliah




Sejumlah mahasiswa FKH UGM melakukan kampanye bawa botol air saat kuliah, Rabu (25/4). Upaya itu sekaligus merupakan kampanye pengurangan sampah plastik di lingkungan kampus. Foto: Arief Wahyudi/ kumparan.com/tugujogja
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM yang tergabung dalam UKM Vetpagama menggelar kampanye pengurangan sampah plastik dengan mengajak rekan mahasiswa lainnya untuk selalu membawa tumbler atau botol minuman selama beraktivitas dalam kampus. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM yang tergabung dalam UKM Vetpagama menggelar kampanye pengurangan sampah plastik dengan mengajak rekan mahasiswa lainnya untuk selalu membawa tumbler atau botol minuman selama beraktivitas dalam kampus. 
Dengan membawa tumbler selama beraktivitas maka sudah ikut berpartisipasi mengurangi sampah plastik sekaligus membudayakan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi air putih.
 "Rencananya setiap bulan kita akan melaksanakan kampanye tumbler ini," kata Ketua Vetpagama Rahmat Teguh kepada wartawan kumparan.com/tugujogja di pelataran FKH UGM, Kamis (26/4).  
Dalam kampanye penggunaan tumbler kali ini, pihak panitia menyediakan pengisian ulang minuman tumbler bagi mereka yang datang. 
"Kita menyediakan air teh, air putih hingga susu untuk isi ulang botol minuman," katanya.
Saat pengembilan air isi ulang tersebut, mahasiswa yang datang akan mendapat selebaran mengenai pentingnya menggunakan tumbler untuk mengurangi sampah plastik. Pihak panitia juga menempel poster terkait hasil riset mengenai dampak sampah plastik di Indonesia. 
"Berdasarkan hasil peneitian, jumlah sampah plastik kita yang ada di laut berada  nomor dua terbesar di dunia setelah Cina," paparnya.
Untuk sementara ini kata Teguh, kampanye pengurangan sampah plastik masih dilaksanakan di area kampus FKH UGM, apabila dirasakan sudah memungkinkan pihaknya akan melaksanakan kegiatan yang sama di fakultas yang lain di lingkungan UGM.
"Sementara ini kita laksanakan di FKH dulu, apabila dirasa sudah maksimal di sini, kita akan perluas kegiatannya di tempat lain," tuturnya.
Vina Rusandritani,19 tahun, mahasiswi FKH UGM yang ikut mengisi air botol minumannya mengaku sudah terbiasa membawa botol minuman saat beraktivitas.
 "Saya sudah membawa tumbler sejak masih di bangku  SMP," ujarnya.
Kebiasaan membawa botol minuman saat bepergian,kata Vina merupakan ajakan dari orang tuanya. Selain mengirit uang, katanya, membawa tumbler juga membiasakannya untuk mengkonsumsi air putih. Apalagi di kampus tersedia spot-spot untuk mengisi ulang botol minuman secara gratis. 
"Sehari saya bisa mengisi dua kali," kata mahasiswi asal Madiun ini yang menggunakan tumbler ukuran 700 ml ini.  (arif wahyudi)
"Sehari saya bisa mengisi dua kali," kata mahasiswi asal Madiun ini yang menggunakan tumbler ukuran 700 ml ini. (arif wahyudi)


UGMYogyakarta

presentation
500

Baca Lainnya