kumparan
17 Sep 2019 21:54 WIB

Mendes Minta Negara Tetangga Tak Salahkan Indonesia Terkait Kabut Asap

Kebakaran hutan di Indonesia.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, meradang. Ia merasa jengkel terhadap negara-negara tetangga yang sering menyalahkan Indonesia terkait kasus kabut asap yang terjadi belakangan ini.
ADVERTISEMENT
Menurut Eko, negara-negara tersebut tidak berterima kasih kepada Indonesia yang telah menyumbang oksigen selama ini. Ia menilai selama belasan bulan terakhir, negara-negara tetangga telah menikmati sumbangan oksigen gratis yang dihasilkan hutan-hutan di Indonesia.
Ia merasa seharusnya kebakaran hutan tersebut menjadi tanggung jawab bersama, terutama oleh negara-negara yang tinggal di kawasan dekat dengan Indonesia. "Saya tidak ingin menyebutkan negara mana, tetapi yang jelas itu tetangga kita," ujar Eko di Grha Sabha Pramana, Selasa (17/9/2019).
Eko menyesalkan sikap negara tetangga tersebut. Terlebih lagi, ia melihat ternyata perusahaan-perusahaan yang berasal dari negara-negara tersebut justru yang menjadi salah satu penyebab karhutla.
Ia berharap agar negara-negara tersebut tidak hanya menyalahkan Indonesia saja, namun juga turut serta menangani kabut asap yang terjadi di negara ini. "Jangan hanya menyalahkan. Bantu Indonesia," tambahnya. (erl/adn)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan