Pencarian populer

Mengenal Perusahaan Pembuat Traktor Milik Anak Bangsa

Tak kurang ribuan traktor pertanian dan perkebunan diproduksi oleh CV Karya Hidup Sentosa (KHS) setiap bulannya. Perusahaan yang kini lebih dikenal dengan produk traktor tangan bermerk Quick tersebut adalah bisnis keluarga yang dirintis oleh Kwik Hing Sie atau dikenal dengan nama Kirjo Hadi Suseno pada tahun 1953.
ADVERTISEMENT
"Jadi dulu, ayah saya membuka jasa perbaikan mesin pertanian dan pompa air. Namun, lambat laun usaha tersebut berkembang," tutur Hendro Wijayanto, Direktur CV KHS yang sekaligus penerus bisnis keluarga tersebut, Rabu (6/6).
Perusahaan yang berlokasi di jalan Magelang No. 144 tersebut kini memiliki dua pabrik, yaitu di Jalan Magelang Yogyakarta dan Tuksono, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Berbagai peralatan pertanian seperti, traktor tangan (power tiller), power thresher, generator set, serta traktor angkut diproduksi di atas lahan seluas 35 Ha.
“Bahkan saat ini ada beberapa negara di dunia yang secara rutin menjadi pelanggan produk kami,” kata Hendro.
Negara-negara tersebut di antaranya : Republik Dominika, Panama, Brunei Darussalam, Filipina, Namibia, Madagaskar, Timor Leste, Afrika Tengah dan Selatan, Fiji serta Senegal.
ADVERTISEMENT
Saat ini, perusahaan ini telah mempekerjakan 3000 tenaga kerja. "Semuanya asli dalam negeri. Tak satupun pekerja asing di sini," tutur Hendro.
Sejauh ini CV KHS sudah menghasilkan 18 jenis traktor tangan dengan kapasitas 6,5 sampai 11 PK. Bahkan, menurut Hendro, kemampuan produksi traktor tersebut mencapai 100 ribuan unit tiap tahun.
Traktor tangan Quick merupakan produk andalan CV KHS. Produk tersebut merupakan produk yang paling banyak di ekspor ke luar negeri. Sementara, Quick Truck, yang baru diproduksi massal pada Oktober 2017 silam menjadi produk terbaru yang dirancang khusus untuk mempermudah mobilitas produk pertanian.
"Kami sedang mengembangkan Quick Truck ini. Agar distribusi produk pertanian semakin efektif dan efisien," tandasnya. (*)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80