Food & Travel13 September 2020 10:05

Menyantap Nasi Bakmoy Sambil Menikmati Suasana Alun-alun Kidul Yogyakarta

Konten Redaksi Tugu Jogja
Menyantap Nasi Bakmoy Sambil Menikmati Suasana Alun-alun Kidul Yogyakarta (64505)
Nasi Bakmoy di Foodcourt Langenastran yang terletak di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Foto: Maria Ii Agista/Tugu Jogja
Jogja sebagai destinasi wisata yang disukai para wisatawan juga menjadi surge kuliner. Berbagai makanan unik bisa ditemukan di segala sudut kota ini.
ADVERTISEMENT
Makan malam di Jogja biasanya identik dengan lesehan, gudeg, dan angkringan. Namun ada yang unik di Foodcourt Kampung Langenastran.
Salah satu menu makan malam yang ditawarkan oleh foodcourt ini adalah nasi bakmoy. Nasi bakmoy ini menjadi menu andalan dari kios Waroeng Atmodjo.
Nama Waroeng Atmodjo diambil dari nama keluarga besarnya, yaitu Atmodjo. Aning, pemilik memiliki alasan tersendiri atas pemilihan nasi bakmoy sebagai menu makanan yang dijual.
“Ini sebenarnya adalah menu favorit keluarga, dan untuk resepnya juga resep dari keluarga suami," ujar Aning, Selasa (8/9/2020).
Selain nasi bakmoy, Waroeng Atmodjo juga menjual minuman yang berbeda dari biasanya. Nama minuman yang ditawarkan adalah Sari Dele Tape, Teh Dekokan, Coklatenan, dan Kopi Ireng.
Menyantap Nasi Bakmoy Sambil Menikmati Suasana Alun-alun Kidul Yogyakarta (64506)
Sari dele tape di Foodcourt Langenastran yang terletak di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Foto: Maria Ii Agista/Tugu Jogja
“Kami memang menjual menu yang unik. Soalnya kalau jual es teh atau apa kan sudah banyak yang jual. Jadi kami pilih yang beda," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Isi dari menu nasi bakmoy adalah nasi, yang kemudian diberi potongan daging ayam halus. Lalu nasi dan ayam tersebut diberi kuah dengan resep rahasia dari Waroeng Atmodjo.
“Ini di dalam kuahnya ada bawang putih, daun bawang, seledri, terus juga dikasih jahe. Biar rasanya sedap," tutur Aning.
Setelah itu, nasi bakmoy diberi berbagai topping setengah telur rebus, potongan cakwe, taburan daun bawang, bawang goreng, dan yang paling penting adalah kerupuk.
Menyantap Nasi Bakmoy Sambil Menikmati Suasana Alun-alun Kidul Yogyakarta (64507)
Nasi Bakmoy di Foodcourt Langenastran yang terletak di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Foto: Maria Ii Agista/Tugu Jogja
Rasa dari nasi bakmoy ini cukup unik, karena rasa gurih dan manis tercampur menjadi satu. Rasa jahe sedikit terasa, namun tidak dominan dan menjadi sensasi rasa tersendiri dari nasi bakmoy khas Waroeng Atmodjo ini.
Ramainya Waroeng Atmodjo juga berhubungan dengan penjualannya terdahulu. Aning mengatakan bahwa dulu di tempat tersebut juga ada semacam menu legend yang kemudian dicari-cari banyak orang.
ADVERTISEMENT
“Dulu disini itu ada, semacam menu legend. Jadi makanya orang-orang kalo kesini cari makanan yang beda.”, ujar Aning.
Warungnya ini ada di Foodcourt Kampung Langenastran yang terletak di sebelah timur Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Tak hanya nasi bakmoy, foodcourt ini juga menyediakan berbagai jenis makanan berat, jajanan, dan minuman yang berbeda dari yang dijual di sekitar Alun-Alun Selatan. (Maria Ii Agista)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white