News
·
19 April 2020 7:40

Ratusan Cacing Tanah Bermunculan di Pasar Gede Solo

Konten ini diproduksi oleh Tugu Jogja
Ratusan Cacing Tanah Bermunculan di Pasar Gede Solo (114234)
Ratusan cacing tanah yang muncul. Foto: Istimewa
Fenomena tak biasa yakni kemunculan ratusan cacing ke permukaan tanah menghebohkan warga Solo. Hal tersebut lantas viral di sosial media dan menjadi perbincangan hangat netizen.
ADVERTISEMENT
Fenomena ini terjadi di beberapa tempat salah satunya di Pasar Gede, Solo Sabtu (18/4/2020) sekitar pukul 05.30 WIB. Cacing itu keluar dari tanah di taman sebelah utara Pasar Gede Solo, lalu merayap ke jalur pedestrian.
Kemunculan cacing itu memicu rekasi sejumlah netizen. Ada yang beranggapan bahwa hal tersebut disebabkan karena adanya penyemprotan desinfektan yang mengganggu tempat tinggal cacing. Ada pula yang mengaitkannya dengan fenomena alam yang akan muncul atau terjadi belakangan ini seperti aktivitas gunung berapi.
Pakar Lingkungan Hidup Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prabang Setyono, tidak sepakat dengan dugaan kemunculan cacing akibat penyemprotan desinfektan.
Ratusan Cacing Tanah Bermunculan di Pasar Gede Solo (114235)
Cacing tanah yang merayap hingga ke jalan. Foto: Istimewa
"Kalau disinfektan kan seperti spray, saya kira bukan. Kecuali kalau desinfektan disemprot di satu titik dengan jumlah besar mungkin langsung keluar. Tapi ini kejadiannya di berbagai tempat, jadi saya kira bukan," ungkap Prabang, Sabtu (18/4/2020).
ADVERTISEMENT
Menurut Prabang, cacing akan keluar dari tanah secara alami jika ada perubahan kondisi tanah secara drastis. Dia mengatakan jika peristiwa kali ini berbeda dengan kondisi sebelumnya.
"Biasanya kalau kelembaban tanah berubah drastis, atau kalau di dalam tanah panas, maka dia keluar. Tapi tahun ini sepertinya ada anomali," katanya.
Selain itu ia mengatakan pula bahwa hingga kini juga belum ada kajian mendalam terkait kemunculan cacing jika dikaitkan dengan fenomena alam yang akan muncul.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white