Malangkucecwara Gelar Journalist Festival Libatkan Siswa SMA/SMK Malang Raya

Konten Media Partner
28 Mei 2022 20:33
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Suasana ABM Journalist Festival ke-6 yang diselenggarakan oleh  UKM Jurnalistik ABM. Foto / Feni Yusnia
zoom-in-whitePerbesar
Suasana ABM Journalist Festival ke-6 yang diselenggarakan oleh UKM Jurnalistik ABM. Foto / Feni Yusnia
ADVERTISEMENT
MALANG - ABM Malangkucecwara melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik atau Journalist of ABM Society Malangkucecwara, menggelar ABM Journalist Festival ke-6 untuk para siswa SMA/SMK Malang Raya. Event tahunan bertajuk 'Jelajahi Bumi Nusantara' ini dilaksanakan pada Sabtu (28/5/2022).
ADVERTISEMENT
Vony Putri Fahrizia, ketua pelaksana menjelaskan, even ini telah terselenggara untuk yang ke-6 kalinya. Pada tahun 2022 dapat terlaksana secara luring seiring dengan melandainya pandemi COVID-19.
"Tahun kemarin, berhubungan masih pandemi COVID-19 tetap ada yang ke-5. Tapi kami gelar secara online. Nah, berhubung online, jadi diikuti SMA/SMK se-Jatim. Kali ini, kembali kami laksnakan secara luring dengan peserta se-Malang Raya," kata dia.
Menurut mahasiswi Jurusan Akuntansi ini, ada 6 tim yang ikut serta dalam even tersebut. Mereka mengikuti rangkaian perlombaan yang terbagi menjadi lomba fotografi dan videografi dengan sub tema pariwisata, budaya, dan pendidikan.
"Untuk karya yang dilombakan ada fotografi dan videografi. Untuk videografi juga terbagi jadi dokumenter dan narasi," jelas mahasiswi angkatan 2020 tersebut.
ADVERTISEMENT
Ketua UKM Jurnalistik Tista Fadhil Permana, menambahkan dengan adanya even ini diharapkan dapat mewadahi minat dan bakat peserta maupun UKM. Khususnya siswa SMA/SMK untuk terus mengasah skillnya dalam berkarya.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
"Termasuk agar UKM Jurnalistik dan ABM sendiri bisa mengepakkan sayapnya lebih luas lagi, maka kami rangkul teman-teman SMA/SMK," kata dia.
ABM Journalist Festival ke-6 yang diikuti oleh SMA/SMK se-Malang Raya. Foto /Feni Yusnia
zoom-in-whitePerbesar
ABM Journalist Festival ke-6 yang diikuti oleh SMA/SMK se-Malang Raya. Foto /Feni Yusnia
Terlebih, para peserta nantinya juga akan memperebutkan 6 kategori pemenang, yang masing-masing akan mendapatkan penghargaan berupa uang tunai dan beasiswa untuk berkuliah di ABM. Keenam kategori juara tersebut, antara lain Juara 1 Video Narasi, Juara 1 Video Dokumenter, Juara 1 dan Juara 2 Fotografi, Best Editing Video serta Best Presentasi.
"Yang pasti mengikuti ajang perlombaan ini, mereka akan mendapat ilmu baik yang menang atau kalah. Memang itu bonus tapi disini ketika menjadi peserta mereka bisa saling bertukar ilmu," imbuh mahasiswa Jurusan Akuntansi angkatan 2019 tersebut.
ADVERTISEMENT
Wakil Rektor III STIE Malang Kucecwara, Kadarusman menyatakan adanya UKM ini menjadi bagian dari komitmen kampus dalam mengasah soft kill sekaligus menyiapkan calon lulusan yang unggul dan berkompeten. Terlebih, melalui berbagai rangkaian kegiatan menjadi momen untuk mengasah skill berkompetisi tak hanya untuk mahasiswa namun juga siswa sekolah yang notabene terlibat sebagai peserta lomba.
"Saya pikir ini luar biasa, setelah dua tahun dilaksanakan secara online. Hari ini bisa kembali dilaksanakan secara offline dan merupakan suatu effort yang bagus buat teman-teman UKM ini," imbuhnya.
Sebab itu, ia berharap even ABM Journalist Festival ini dapat terus berlanjut dan dipakai sebagai agenda resmi untuk mereka saling berkompetisi.
''Sekaligus menjadi pembelajaran yang baik bagi para mahasiswa untuk mengasah skill organisasi dan mengorganisir sebuah even'' pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·