Wali Kota Malang Tekankan Profesionalitas Layani Masyarakat

Konten Media Partner
29 November 2022 19:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical

Pada Peringatan HUT Korpri ke-51

Foto bersama dalam upacara HUT Korpri ke 51, HUT PGRI dan Hari Guru Nasional. Foto / Feni Yusnia
zoom-in-whitePerbesar
Foto bersama dalam upacara HUT Korpri ke 51, HUT PGRI dan Hari Guru Nasional. Foto / Feni Yusnia
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
MALANG - Wali Kota Malang, Sutiaji menekankan pentingnya profesionalitas bagi Korps Pegawai RI (Korpri) dalam melayani masyarakat. Penegasan itu disampaikan Sutiaji paa peringatan HUT Korpri ke-51, HUT PGRI ke 77 dan Hari Guru Nasional tahun 2022Selasa (29/11/2022).
ADVERTISEMENT
“Jadilah ASN dan guru yang profesional. Sekali lagi, saya mengingatkan untuk meningkatkan itu profesionalitas,” ujarnya.
Profesionalitas, kata dia, bisa didorong melalui peningkatan kompetensi, literasi pada masing-masing bidang, dan kualitas moral.
“Tentu ini harus dibarengi dengan pendekatan agama. Semua hal ini nanti akan membuat kita mampu untuk menempatkan sesuatu sesuai dengan tugas kita semua,” sambungnya.
Terlebih, tantangan ASN ke depan akan semakin berat. Sehingga momentum ini harus dijadikan sebagai sarana introspeksi terhadap dinamika dan perubahan yang terjadi di era modern seperti sekarang.
Ditambahkannya, dunia saat ini sedang mengalami krisis multidimensi. Baik krisis ekonomi, krisis energi dan krisis pangan menjadi momok menakutkan bagi semua negara di dunia, termasuk Indonesia.
Penyerahan anugerah tanda kehormatan satya lencana karya Satya untuk 267 orang ASN Kota Malang. Foto / Feni Yusnia
Disrupsi digitalisasi juga memainkan peran penting dalam perubahan skenario tata kelola masyarakat dunia, yang mana dengan adanya pandemi COVID-19 mempercepat proses digitalisasi di semua bidang.
ADVERTISEMENT
"Dengan kondisi seperti sekarang, sudah seyogyanya kita sebagai elemen pelayanan publik untuk introspeksi dan berbenah, kemudian menyesuaikan diri dan beradaptasi sehingga mampu bertindak secara cepat, tepat dan sesuai dengan perkembangan yang ada,” terangnya.
Maka, lanjutnya, amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negara dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik harus mampu dijadikan sebagai dasar meningkatkan mentalitas dan profesionalitas ASN.
Dalam upacara tersebut, juga diserahkan penghargaan untuk Lilis Rachmawati SPsi dari KB Anak Saleh atas prestasinya menjadi peraih 10 besar peserta terbaik apresiasi pendidik dan tenaga kependidikan inspriratif tahun 2022 tingkat nasional kategori kelompok bermain.
Selain itu, juga diserahkan anugerah tanda kehormatan satya lencana karya Satya untuk ASN Kota Malang sebanyak 267 orang dengan rincian 85 orang dengan masa pengabdian 30 tahun, 58 orang dengan masa pengabdian 20 tahun dan 124 orang dengan masa pengabdian 10 tahun.
ADVERTISEMENT
Selain menyerahkan penghargaan, Korpri Kota Malang juga turut menyerahkan santunan kepada 32 keluarga korban tragedi Kanjuruhan yang diwakili dua keluarga korban.