Konten dari Pengguna

3 Perbedaan RAM DDR4 vs DDR5 yang Perlu Diketahui Pengguna

Tutorial Game
Membahas artikel seputar game
11 Juli 2024 17:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tutorial Game tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi DDR4 vs DDR5. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi DDR4 vs DDR5. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kemajuan teknologi yang terjadi sekarang ini membuat banyak bermunculan inovasi baru. Termasuk dengan penggunaan RAM pada komputer yang kini terdiri dari berbagai versi. Contohnya, seperti DDR4 dan DDR5. Lantas, apa perbedaan RAM DDR4 vs DDR5?
ADVERTISEMENT
Pertanyaan ini sering kali diajukan oleh seseorang yang awam terhadap teknologi. Apalagi banyak istilah asing yang tidak mereka pahami. Padahal RAM merupakan salah satu komponen komputer yang sangat penting dan berpengaruh terhadap kinerjanya.

Perbedaan RAM DDR4 vs DDR5

Ilustrasi DDR4 vs DDR5. Sumber: pexels.com
Mengutip dari buku Exploration of Semiconductor Product, Andrew J (2024:588), di bawah ini adalah beberapa perbedaan RAM DDR4 vs DDR5 yang perlu diketahui pengguna.

1. Frekuensi

Frekuensi DDR4 adalah sebesar 2133MHz. Sedangkan frekuensi yang dihasilkan oleh RAM DDR5 batch pertama adalah 4800MHz. Dari kedua hasil tersebut, bisa diketahui bahwa terjadi peningkatan sebesar 2,25 kali lipat yang menunjukkan adanya peningkatan terkait dengan kualitas RAM.

2. Voltase

Sebelumnya, RAM buatan zaman dulu lebih banyak memakan daya. Berbeda halnya dengan RAM sekarang ini yang semakin hemat energi karena adanya teknologi yang semakin baru dan terus dikembangkan.
ADVERTISEMENT
Saat ini RAM DDR4 membutuhkan 1.2V dan DDR hanya membutuhkan 1.1V saja. Hal ini tentu saja terlepas dari voltase yang dibutuhkan saat pengguna melakukan overclocking, karena voltase yang dibutuhkan sudah pasti akan sangat bervariasi.

3. Kapasitas

Salah satu perbedaan utama dari DDR4 dan DDR5 adalah dari segi kapasitasnya. Diketahui bahwa kapasitas satu keping RAM DDR4 dibatasi hanya sebesar 32GB dengan kapasitas memory maksimal sebesar 128GB.
Berbeda halnya dengan DDR5 yang mendobrak limitasi tersebut dengan menawarkan kapasitas maksimum sebesar 128GB hanya untuk satu keping RAM. Tidak hanya itu, kapasitas memory maksimal untuk platform DDR4 meningkat sebesar empat kali lipat, yakni hingga 512GB.
Itu dia informasi mengenai tiga perbedaan RAM DDR4 vs DDR5 yang penting untuk diketahui pengguna sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli komputer. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, khususnya bagi pengguna awam yang tidak mengenal istilah tersebut. (Anne)
ADVERTISEMENT