Film Yang Mengisahkan Tentang Buku

O Captain, My Captain. (Whitman, 1865)
Konten dari Pengguna
3 Juni 2017 15:33
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Tutur Literatur tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Film Yang Mengisahkan Tentang Buku (26869)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Bagi orang yang mencintainya, buku adalah sebuah keajaiban dan hadiah paling indah yang pernah hadir dalam kehidupan. Betapa tidak, buku mampu menghidupkan jiwa dan mengubah begitu banyak hal. Berikut ini merupakan beberapa film yang melibatkan buku sebagai salah satu pengaruh paling besar terhadap tokoh dalam cerita.
ADVERTISEMENT
1. The Reader
Sejatinya bagi Michael dan Hanna, kegiatan membaca adalah hal yang lebih mulia dari sekedar bercinta. Karena Hanna adalah seorang buta huruf, yang selalu diinginkannya adalah mendengarkan kekasihnya membacakan buku-buku seperti cerita 'Emilia Galotti', puisi 'The Odyssey', cerpen 'The Lady with the Little Dog', novel 'Adventures of Huckleberry Finn', hingga komik 'Tintin'.
Setelah berpisah dan kemudian Hanna dipenjara karena dijadikan kambing hitam Nazi, ia merindukan buku-buku yang sering dibacakan oleh Michael. Di sana, ia berjung untuk belajar membaca dan menulis. Melalui membaca, ia sadar bahwa kekuasaan selalu punya cara untuk mencari kambing hitam.
2. Pan's Labyrinth
Ofelia tidak bisa membayangkan bagaimana ia bisa bertahan hidup tanpa buku-buku dongengnya dan melarikan diri dari kondisi menyedihkan ketika harus melihat ibunya sekarat, ayahnya meninggal dan kemudian ia diasuh oleh seorang jenderal kejam. Di tengah-tengah suasana perang antara pemerintah dan warga sipil, gadis itu berpetualang sendirian menelusuri labirin fantasi yang hanya ada dalam khayalannya.
ADVERTISEMENT
Dongeng-dongeng yang ia telusuri itu meyakinkan Ofelia untuk mampu membedakan pihak sipil atau pemerintah-kah yang pantas ia dukung.
3. The Book Thief
Film ini bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Liesel yang memiliki ketertarikan luar biasa terhadap buku. Ketertarikannya ini membuatnya tak berpikir panjang untuk kemudian mencuri buku yang ditemuinya. Hidup Liesel tidaklah mudah. Ia harus menjalani hidup sebagai anak angkat setelah melihat adiknya meninggal, ibunya diculik Nazi dan kemtian beruntun akibat keterlibatan Jerman pada Perang Dunia II. Akan tetapi kata-kata yang terdapat dalam buku membuat wawasannya bertambah dan mendorongnya untuk tetap menjalani hidup dengan semangat.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G