KKN UAD Dorong Masyarakat Semawung Olah Limbah Plastik Jadi Kerajinan

NEWS UAD
Informasi terkini Universitas Ahmad Dahlan
Konten dari Pengguna
24 Februari 2024 10:23 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari NEWS UAD tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama masyarakat Dusun Semawung buat kerajinan dari limbah plastik (Dok. Istimewa)
zoom-in-whitePerbesar
KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama masyarakat Dusun Semawung buat kerajinan dari limbah plastik (Dok. Istimewa)
ADVERTISEMENT
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Program Kerja Keilmuan Ekonomi Pembangunan XVI.A.I Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan pembuatan kerajinan tangan dari bahan limbah kemasan gelas plastik di Dusun Semawung, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo, pada Senin, 12-2-2024.
ADVERTISEMENT
Anggun Andini sebagai pemilik program kerja mengatakan, pihaknya mengajak seluruh ibu PKK Dusun Semawung untuk melakukan pembuatan kerajinan tangan yang berdasarkan bahan sederhana untuk mengisi waktu luang. Mereka pun bisa menghasilkan karya yang sangat bermanfaat serta memiliki nilai jual sehingga dapat meningkat penghasilan.
“Pembuatan kerajinan tangan merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN
XVI.A.I UAD. Kegiatan ini diharapkan dapat mengasah keterampilan dan kreativitas para ibu PKK di Dusun Semawung, yakni membuat tas dari bahan limbah kemasan gelas plastik,” ungkap Anggun.
Para kader PKK dengan masyarakat mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh semangat dan antusias. “Semoga pembuatan kerajinan tangan ini dapat dilanjutkan oleh masyarakat Dusun Semawung, untuk meningkatkan kreativitas dan penghasilan,” kata Sri Suryani yang merupakan Ketua Pedukuhan Semawung.
ADVERTISEMENT
Dr. Wahyu Nanda Eka Saputra M. Pd., Kons. selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) turut menyampaikan, ia sangat mendukung kegiatan ini karena dapat membantu mengurangi penumpukan sampah.