Konten dari Pengguna

Tapera untuk Masa Depan: Mengelola Keuangan untuk Generasi Z

Kayla Aisha Irwanto
Mahasiswa S-1 Manajemen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
15 Juni 2024 13:13 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kayla Aisha Irwanto tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengajuan KPR. (Dok. Shutterstock)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengajuan KPR. (Dok. Shutterstock)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di era yang serba cepat dan penuh inovasi ini, generasi muda dihadapkan pada berbagai tantangan yang tidak hanya terbatas pada aspek teknologi dan informasi, tetapi juga pada pengelolaan keuangan yang efektif. Salah satu tantangan terbesar bagi mereka adalah kepemilikan rumah, sebuah aset penting yang sering kali sulit dicapai karena keterbatasan ekonomi. Untuk menjawab tantangan ini, pemerintah Indonesia telah meluncurkan program Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat), sebuah inisiatif yang dirancang untuk membantu masyarakat, khususnya Generasi Z, dalam mewujudkan impian memiliki rumah.
ADVERTISEMENT
Mengenal Tapera
Tapera adalah program tabungan perumahan yang diinisiasi oleh pemerintah dengan tujuan untuk memberikan solusi pembiayaan perumahan yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah hingga menengah. Program ini mengedepankan prinsip gotong royong dan keberlanjutan, dimana setiap peserta tidak hanya menabung untuk diri sendiri tetapi juga membantu sesama anggota dalam memperoleh rumah.
Generasi Z dan Tantangan Kepemilikan Rumah
Generasi Z, yang merupakan kelompok usia yang lahir di antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, kini mulai memasuki usia produktif dan mengambil peran dalam ekonomi. Mereka adalah digital natives yang terbiasa dengan kemudahan akses informasi dan teknologi canggih. Namun, di sisi lain, mereka juga menghadapi tantangan ekonomi seperti harga properti yang meroket dan persaingan ketat di pasar kerja, membuat tujuan memiliki rumah menjadi semakin sulit.
ADVERTISEMENT
Strategi Keuangan Tapera untuk Generasi Z
Untuk mengatasi tantangan ini, Tapera menawarkan beberapa strategi keuangan yang dapat dimanfaatkan oleh Generasi Z:
Manfaat Tapera bagi Generasi Z
Program Tapera menawarkan berbagai manfaat bagi Generasi Z:
ADVERTISEMENT
Kesimpulannya, Tapera merupakan langkah progresif yang mendukung Generasi Z dalam mengelola keuangan mereka untuk masa depan. Dengan pendekatan yang holistik dan inklusif, program ini membuka jalan bagi generasi muda untuk mencapai impian mereka memiliki rumah sendiri. Melalui partisipasi aktif dalam program ini, Generasi Z dapat membangun fondasi yang kuat untuk masa depan finansial mereka dan secara bertahap mewujudkan mimpi memiliki rumah idaman.