Woman
·
6 Juni 2021 13:43
·
waktu baca 1 menit

Mengenal Perasaan Insecure dan Cara Mengatasinya

Konten ini diproduksi oleh Maulida Putri Ariana
Belakangan ini sering muncul kata insecure, terutama di kalangan perempuan, namun tidak hanya di kalangan perempuan saja, laki-laki pun juga dapat mengalami yang namanya insecure. Insecure yaitu suatu kondisi perasaan yang dapat menimbulkan perasaan cemas, tidak mampu, dan kurangnya percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman. Adapun yang berpendapat, bahwa insecure adalah kurangnya percaya diri dan kurangnya rasa syukur.
ADVERTISEMENT
Insecure dapat timbul akibat pengalaman buruk, cara pandang negatif terhadap diri sendiri atau memiliki prinsip yang segala sesuatunya harus sempurna. Berikut beberapa penyebab insecure, yaitu Mendapatkan penilaian yang kurang baik dari orang lain, mengalami kegagalan atau penolakan, dan menginginkan segala sesuatu berjalan dengan sempurna.
Perasaan insecure umum sering terjadi pada setiap orang. Namun, dampak yang ditimbulkan dari perasaan insecure dapat membuat seseorang lebih berisiko mengalami yaitu dapat menderita gangguan pada mental, dapat mengalami kejadian pada traumatis.
Mengenal Perasaan Insecure dan Cara Mengatasinya (315687)
searchPerbesar
Sumber foto: Pixabay.
Dalam kasus satu ini, kita harus dapat mengenal lebih dalam ciri-ciri seseorang yang mengalami perasaan insecure. Berikut beberapa ciri-ciri seseorang ketika mengalami insecure, yaitu Mengalami ketakutan berlebihan yang di mana salah satu ciri insecure ini mengalami ketakutan berlebih. dari ciri-ciri yang satu ini, kamu suka berpikir buruk tentang diri kamu atau kemampuan kamu. Tidak dapat keluar dari zona nyaman dengan arti di mana kamu terlalu sibuk dengan zona nyaman dan tidak mau mencoba sesuatu hal baru. Hal itu membuat kamu tidak percaya diri. Selalu membandingkan diri dengan orang lain maksud dari ciri-ciri ini yaitu orang yang memiliki perasaan insecure umumnya selalu berusaha membuat orang lain atau lawan bicara merasa insecure juga. Tidak hanya itu, kamu selalu membandingkan diri kamu dengan orang lain. Hal itu terjadi karena kurangnya rasa percaya diri.
ADVERTISEMENT
Cara mengatasi perasaan insecure itu dengan pentingnya suatu support sistem untuk proses pengembangan diri. Karena perasaan insecure berdampak juga pada kesehatan mental atau psikis seseorang. Ada beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam melakukan untuk mengatasi insecure, yaitu Bersyukur sangat penting, dengan bersyukur kamu akan merasa cukup. Banyak orang diluar sana yang tidak seberuntung dirimu, maka dari itu perbanyaklah bersyukur. Mencintai diri sendiri terkenal dengan kata Self Love. ciri-ciri satu ini harus bisa menerima kekurangan yang ada pada di dirimu, kembangkan kelebihan, dan harus bangga dengan apa yang kamu miliki.
Berusaha untuk berpikir positif dengan memfokuskan pikiran pada suatu hal-hal yang positif, buang jauh-jauh pikiran negatif yang ada pada dirimu. Dengan begitu, akan dapat merasakan ketenangan. Lakukan hal yang membuat bahagia maksudnya hal-hal yang dilakukan melalui kegiatan yang menyenangkan, tetapi hal tersebut sering terlewatkan. seseorang biasanya terlalu sering menjaga perasaan orang lain, terkadang dapat membuat diri sendiri yang tersakiti. Bersikap masa bodoh dan cuek, Hal ini penting untuk kamu yang merasa insecure. Terkadang perkataan orang lain lah yang mematahkan semangat pada dirimu. Jika seseorang mendapatkan perkataan buruk sebaiknya dapat bersikap cuek dan masa bodoh. Jadikan perkataan tersebut menjadi motivasi untuk bangkit. Banyak orang yang memberikan saran yang terbaik karena respect, tetapi ada juga yang mengkritik hanya karena seseorang tersebut hanya sebatas ingin tahu, tipe ini yang membuat seseorang kepikiran sehingga menjadi insecure.
ADVERTISEMENT
Jauhi hubungan toxic dan mencari pergaulan yang positif, hubungan yang berlebihan (toxic) hanya dapat menyiksa kepribadian. seseorang harus keluar dari hubungan yang terlalu berlebihan tersebut untuk menyelamatkan kepribadian tersebut. Carilah lingkungan atau pergaulan yang dapat melakukan kegiatan hal yang positif, yang akan memberikan pengaruh baik untuk hidup seseorang. Habiskan sebagian besar waktu bersama keluarga dan orang-orang yang menyayangi seseorang. yang terakhir, mengubah suatu kegagalan menjadi motivasi, berhenti membenci dan menyalahkan diri sendiri, jika mengalami kegagalan jadikan kegagalan itu sebagai pengalaman yang dapat menjadikan diri sendiri menjadi lebih baik.
Mulai sekarang buang jauh-jauh perasaan insecure. Perbanyak bersyukur dan jaga kesehatan mental. Sekarang lebih baik fokus pada tujuan, keinginan, harapan, dan impian yang ingin digapai. Selalu semangat dan semoga bermanfaat. maka dari itu, mulailah percaya diri dan belajar untuk mencintai diri sendiri karena dari mencintai diri sendiri kita dapat menambah rasa percaya diri yang ada pada diri kita sendiri. jadi janganlah merasa insecure, karena kita sangat berharga untuk orang sekitar dan percaya diri dengan cara kita sendiri.
ADVERTISEMENT