Food & Travel
·
4 Agustus 2020 21:14

4 Manfaat Minum Jus Buah Apel, Cegah Dehidrasi hingga Penyakit Jantung

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
4 Manfaat Minum Jus Buah Apel, Cegah Dehidrasi hingga Penyakit Jantung (38233)
Ilustrasi Jus Apel Foto: Shutterstock/Markus Mainka
Apel bertekstur renyah ini memang mudah diolah menjadi beragam camilan dan minuman sehat. Salah satu yang paling gampang dan sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah jus apel.
ADVERTISEMENT
Sudah bukan rahasia lagi kalau apel mengandung segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kabarnya, mengkonsumsi sebutir apel setiap hari ampuh menurunkan berat badan. Ini karena lemak dan kalori yang ada di dalamnya.
Lalu, manfaat kesehatan apa saja yang didapat jika meminum jus apel? Berikut rangkuman selengkapnya.

1. Mencegah dehidrasi

4 Manfaat Minum Jus Buah Apel, Cegah Dehidrasi hingga Penyakit Jantung (38234)
Ilustrasi cuaca panas. Foto: Shutterstock
Jus apel mengandung sekitar 88 persen air, sehingga mudah dikonsumsi terutama bagi mereka yang sedang sakit. Jus apel juga baik untuk mereka yang memiliki risiko dehidrasi.

2. Melindungi sel-sel dari peradangan

4 Manfaat Minum Jus Buah Apel, Cegah Dehidrasi hingga Penyakit Jantung (38235)
buah apel Foto: shutterstock
Kulit dan beberapa bagian daging apel kaya akan senyawa polifenol. Senyawa ini bisa melindungi sel-sel dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Keduanya menjadi faktor penyebab beberapa penyakit kronis; seperti kanker dan penyakit jantung.
ADVERTISEMENT
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal US National Library of Medicine National Institute of Health, menemukan bahwa kerusakan oksidatif dalam darah pada beberapa laki-laki menurun dalam waktu 30 menit setelah meminum jus buah apel. Tak hanya itu, efek tersebut juga berlanjut hingga 90 menit kemudian.

3. Baik untuk kesehatan jantung

4 Manfaat Minum Jus Buah Apel, Cegah Dehidrasi hingga Penyakit Jantung (38236)
com-Ilustrasi seseorang terkena serangan jantung. Foto: Shutterstock
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, apel mengandung senyawa polifenol yang baik untuk kesehatan jantung.
Senyawa ini mampu mencegah kolesterol "jahat" atau LDL teroksidasi yang menumpuk di dalam arteri. Kadar LDL yang teroksidasi dalam tingkat yang tinggi bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
Sebuah studi pernah dilakukan dengan melibatkan beberapa perempuan sehat. Mereka diminta untuk meminum 310 ml jus apel bening. Hasilnya, aktivitas antioksidan dalam darah mereka meningkat hampir sebelas persen dalam waktu satu jam setelah minum jus.
ADVERTISEMENT
Menurut sebuah penelitian, peningkatan aktivitas antioksidan ini berarti sama dengan memberikan perlindungan potensial dari penyakit jantung.

4. Memberikan perlindungan terhadap otak

4 Manfaat Minum Jus Buah Apel, Cegah Dehidrasi hingga Penyakit Jantung (38237)
Ilustrasi Jus Apel Foto: Dok. Wikimedia
Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam, jus apel bisa mendukung fungsi otak dan kesehatan mental seiring bertambahnya usia.
Perlindungan ini mungkin karena aktivitas antioksidan dari senyawa polifenol yang ditemukan dalam apel. Tak hanya itu, senyawa polifenol juga bisa melindungi otak dari kerusakan molekul yang tidak stabil atau disebut radikal bebas.