Food & Travel
·
27 Juli 2020 17:47

Antidiabetes, 5 Cara Sehat Pakai Kayu Manis untuk Campuran Makanan dan Minuman

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Antidiabetes, 5 Cara Sehat Pakai Kayu Manis untuk Campuran Makanan dan Minuman (320159)
Kayu manis dapat digunakan sebagai masker rambut. Foto: Pixabay
Kayu manis kerap digunakan untuk menambah cita rasa pada berbagai hidangan. Tak hanya itu, rempah aromatik ini ternyata juga bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya, diabetes tipe-2.
ADVERTISEMENT
Ya, kandungan dalam kayu manis diklaim dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, konsumsi kayu manis dapat meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sehingga, tubuh jadi lebih mudah memproses glukosa.
Bukan itu saja, ia juga mengandung komponen antidiabetes yang bisa mengurangi jumlah masuknya glukosa dalam tubuh, serta meningkatkan kinerja pencernaan.
Nah, berikut tips mengonsumsi kayu manis bagi penderita diabetes, di antaranya:

1. Sajikan sebagai infused water

Antidiabetes, 5 Cara Sehat Pakai Kayu Manis untuk Campuran Makanan dan Minuman (320160)
Ilustrasi Infused Water Foto: Shutterstock/SherSor
Salah satu cara terbaik untuk mengonsumsi kayu manis bagi penderita diabetes adalah sebagai infused water. Rendam batang kayu manis berukuran 2 inci dalam segelas air, lalu diamkan semalaman. Minum infused water tersebut di pagi hari saat perut masih kosong agar bisa diserap tubuh lebih baik.
ADVERTISEMENT

2. Gunakan sebagai pengganti gula

Antidiabetes, 5 Cara Sehat Pakai Kayu Manis untuk Campuran Makanan dan Minuman (320161)
Kayu manis digunakan untuk melembapkan kulit. Foto: Pixabay
Memiliki cita rasa manis yang lembut, kayu manis bisa digunakan sebagai pemanis alami. Oleh karena itu, kita bisa mencampurkan kayu manis sebagai bahan pembuat kue dan dessert lainnya. Tak cuma lebih sehat, aroma makanan juga jadi lebih wangi, dengan cita rasa yang lebih kaya.

3. Campurkan dengan minuman hangat

Antidiabetes, 5 Cara Sehat Pakai Kayu Manis untuk Campuran Makanan dan Minuman (320162)
com-Ilustrasi susu dengan campuran kayu manis. Foto: Shutterstock
Alih-alih menambahkan gula pada teh atau kopi, kamu bisa menggantinya dengan kayu manis, lho. Tambahkan sejumput kayu manis bubuk ke dalam minuman hangat favoritmu. Campuran rempah ini akan memberikan sensasi rasa unik, dan menambah komponen nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

4. Campurkan dengan oatmeal

Antidiabetes, 5 Cara Sehat Pakai Kayu Manis untuk Campuran Makanan dan Minuman (320163)
Jangan berikan oatmeal pada balita. Foto: thinkstockphotos
Dilansir Food NDTV, cara lain untuk menikmati kayu manis adalah mencampurnya bersama oatmeal. Taburkan bubuk kayu manis ke dalam semangkuk oatmeal yang sudah dimasak. Dengan demikian, kita tak perlu lagi menambahkan gula atau madu untuk menambah cita rasa.
ADVERTISEMENT

5. Sajikan sebagai bumbu kari

Antidiabetes, 5 Cara Sehat Pakai Kayu Manis untuk Campuran Makanan dan Minuman (320164)
Ilustrasi kayu manis Foto: Dok. Pixabay
Selain digunakan sebagai bahan pembuat kue, kayu manis juga menjadi rempah yang umum dicampurkan dalam berbagai hidangan, termasuk kari. Tumis batang kayu manis berukuran kecil dengan jinten dan biji merica untuk menghasilkan bumbu kari yang kaya rasa.