Apa Itu Backpacker? Ini Penjelasan dan Tipsnya

Viral Food Travel
Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
17 Juni 2021 5:15 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi seorang backpacker. Foto: Pawan Yadav/pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seorang backpacker. Foto: Pawan Yadav/pexels
ADVERTISEMENT
Apa itu backpacker? Istilah tersebut mungkin masih menjadi pertanyaan bagi sebagian orang ya. Backpacker sendiri erat kaitannya dengan seseorang yang melakukan kegiatan perjalanan dengan mengenakan tas ransel dan membawa pelengkapan seadanya.
ADVERTISEMENT
Backpaker juga sering diartikan sebagai seorang pelancong yang memiliki budget terbatas ketika melakukan wisata. Mereka juga senang menikmati pelajaran apa yang akan didapat dan hal seru apa saja yang akan mereka temui di sepanjang perjalanan.
Nah untuk mengetahui apa itu backpacker lebih jauh, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu backpacker?

Ilustrasi para backpacker. Foto: Pixabay/pexels
Kata backpacker adalah istilah asing Bahasa Inggris yang kata dasarnya sendiri adalah backpack.
Dalam Bahasa Indonesia, backpack adalah tas punggung atau lebih populer disebut dengan tas ransel. Nah, turis pembawa tas ransel inilah yang disebut sebagai backpacker.
Dilansir melalui laman Oxford Languages, backpacker adalah seseorang yang melakukan perjalanan wisata atau seseorang yang melakukan pendakian gunung dengan membawa perlengkapan penting di tas ransel mereka.
ADVERTISEMENT
Backpacker, seperti yang dilansir dari dictionary.cambridge.org juga bisa diartikan sebagai orang yang melakukan perjalanan wisata dengan sebuah tas ransel, tidak menghabiskan banyak uang, dan menginap di penginapan yang terjangkau.
Ilustrasi seorang backpacker. Foto: Kun Fotografi/pexels
Seorang backpacker biasanya memang hanya membawa perlengkapan yang dipikir krusial ketika berwisata. Mereka tak begitu pusing memikirkan banyak benda yang akan dibawa, akan menginap di mana, dan akan makan apa.
Para backpacker juga bertanggung jawab atas dirinya sendiri karena setiap keputusan akan ditentukan sendiri, seperti menentukan tujuan perjalanan, membeli tiket, memilih kegiatan yang akan dilakukan, dan lain-lain.
Namun meski begitu mandiri, para backpacker juga tidak sembarangan dalam menentukan pilihan ketika memutuskan untuk melakukan perjalanan. Biasanya mereka akan membuat rencana terlebih dahulu, namun tetap fleksibel dengan prinsip efisien dan kepuasan maksimal.
ADVERTISEMENT

Tips menjadi backpacker ketika traveling

Saat ini sudah banyak wisata khusus backpacker yang tersedia di Indonesia. Nah untuk menikmati liburan seru yang hemat dan aman, ada dua tips yang harus kamu simak di bawah ini.
1. Berburu Promo Wisata
Ilustrasi sebuah promo agen travel online. Foto: Artem Beliaikin/pexels
Di tengah kemajuan teknologi saat ini, backpacker sudah sangat dimudahkan dengan hadirnya agen travel online yang kerap kali memiliki promo khusus untuk tiket perjalanan, penginapan maupun destinasi wisata.
Oleh karena itu kamu harus rajin memantau promo yang akan datang melalui aplikasi maupun website masing-masing agen travel online.
Kamu juga perlu membandingkan harga sehingga bisa memilih yang paling terjangkau agar dapat menghemat budget wisata. Jangan lupa untuk membaca review tempat pilihan agar tidak salah pilih.
ADVERTISEMENT
2. Pergilah dengan banyak orang
Ilustrasi traveling para backpacker. Foto: Karina Krasnikova/pexels
Jika ingin melancong sebagai seorang backpacker, lebih baik mengajak orang-orang terdekat seperti sahabat ataupun anggota keluarga.
Hal ini merupakan salah satu upaya dalam menghemat ongkos karena bisa berbagi biaya perjalanan. Selain itu pergi bersama-sama juga menjadikan wisatamu menjadi lebih aman dan menyenangkan.
Nah dia tadi penjelasan mengenai apa itu backpacker dan tips traveling untuk para pelancong beransel yang telah dibahas. Bagaimana? Tertarik untuk menjadi seorang backpacker?
(SYA)