Konten dari Pengguna

Itinerary Adalah Rencana Perjalanan, Ini Cara Menyusunnya

Viral Food Travel
Berita viral seputar Food dan Travel
12 Mei 2022 12:52 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi itinerary Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi itinerary Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Itinerary adalah salah satu istilah yang memiliki peran sangat penting dalam merencanakan liburan. Bukan hanya sebagai kegiatan seru dan menyenangkan, liburan perlahan kini juga telah menjadi bagian dari gaya hidup.
ADVERTISEMENT
Bahkan, sebuah penelitian dari Queen Mary University of London (QMUL) yang dipublikasikan dalam Journal Frontiers in Immunology telah menemukan bahwa liburan ternyata dapat meningkatkan sistem imun tubuh, lho.
Menyusun itinerary sudah pasti wajib dilakukan agar liburan berjalan sesuai rencana. Apalagi jika kamu baru pertama kali mengunjungi tempat tersebut dan letaknya cukup jauh.
Lantas, apa sebenarnya pengertian dari itinerary? Kamu bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Itinerary

Ilustrasi persiapan liburan Foto: Shutterstock
Berdasarkan Cambridge Dictionary, itinerary berarti rencana rinci atau rute perjalanan. Itinerary merupakan rencana perjalanan yang disusun ketika hendak pergi berlibur. Rencana perjalanan ini mencakup daftar destinasi wisata yang ingin dikunjungi, jadwal kegiatan harian, transportasi, konsumsi, estimasi biaya, dan segala hal lainnya yang berhubungan dengan liburanmu.
ADVERTISEMENT
Selain dapat memaksimalkan waktu, itinerary juga bisa mengelola pengeluaranmu selama berlibur, lho. Hal tersebut lantaran semua kebutuhan, mulai dari makan, minum, penginapan, hingga biaya tak terduga akan sangat diperhitungkan.
Masih bingung menyusun itinerary? Berikut hal-hal yang bisa kamu perhatikan agar agenda travelling berjalan lancar.

Cara Menyusun Itinerary

1. Lakukan Riset

Hal pertama yang harus kamu mulai sudah pasti melakukan riset mendalam tentang daerah tujuanmu. Mulai dari lokasinya, sejarah, adat istiadat, transportasi, hingga kuliner khas yang wajib untuk dicoba.
Di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang, kamu bisa mencari tahu melalui konten-konten Youtube travel vlogger, atau membaca artikel tentang tempat tersebut.

2. Memilih Destinasi Wisata

Ilustrasi wisatawan mengunjungi Singapura Foto: Shutterstock
Setelah melakukan riset, kamu bisa menentukan destinasi wisata yang akan dipilih. Menentukan destinasi terkadang menjadi hal sulit karena banyaknya pilihan yang ada.
ADVERTISEMENT
Namun, pilihlah destinasi yang paling favorit dan menarik perhatianmu. Jangan lupa, sesuaikan juga dengan waktu dan budget yang kamu miliki agar travelling menjadi optimal.
Jika kamu seorang solo traveler, pertimbangkan pula destinasi yang kira-kira nyaman dan aman untuk kita beraktivitas sendirian.

3. Pertimbangkan Waktu Kunjungan

Ilustrasi wisatawan Korea Selatan traveling di Jepang Foto: Shutterstock
Hal yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah waktu kunjungan. Setiap destinasi wisata memiliki pola kunjungan musiman yang kerap berhubungan dengan kondisi cuaca.
Misalnya, jika kamu berencana untuk berlibur di pantai, maka musim penghujan bukanlah waktu yang tepat untuk mengunjunginya.

4. Tentukan Transportasi dan Akomodasi

Ilustrasi wanita traveling dengan kereta api Foto: Shutterstock
Saat travelling, menentukan transportasi dan akomodasi juga menjadi hal yang harus dipikirkan secara matang. Pilihlah transportasi yang terjangkau dan mudah diakses untuk keberangkatan hingga pulang.
Selai itu, pilih pula akomodasi yang strategis, dengan pusat keramaian, seperti stasiun atau bandara.
ADVERTISEMENT
Nah, itu dia informasi tentang itinerary, serta beberapa hal dalam menyusunnya. Yuk, segera susun itinerary untuk optimalkan rencana travellingmu.
(AFG)