Food & Travel
·
14 Juli 2021 6:07
·
waktu baca 3 menit

Makanan Khas Daerah Sunda, Ini 8 Menu yang Menggugah Selera

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Makanan Khas Daerah Sunda, Ini 8 Menu yang Menggugah Selera (814983)
searchPerbesar
Ilustrasi makanan khas daerah Sunda. Sumber: freepik
Makanan khas daerah Sunda sudah pasti menggiurkan. Setuju kan? Makanan pokok hingga camilan asin dan manis dari tanah Jawa Barat ini begitu menggugah selera. Buktinya, kamu pasti selalu menemukan kuliner masyarakat Sunda di mana pun berada.
ADVERTISEMENT
Lantas apa saja sih makanan khas daerah Sunda yang menggiurkan? Yuk simak daftarnya di bawah ini!

Makanan Khas Daerah Sunda

1. Seblak
Siapa yang tak mengenal makanan khas daerah Sunda yang katanya merupakan primadona di kalangan kaum hawa ini? Seblak beberapa tahun belakangan menjadi ikon makanan yang viral dan hits asal tanah Sunda yang begitu digandrungi.
Seblak adalah makanan dengan cita rasa gurih, pedas, dan identik dengan rasa kencurnya yang khas. Dalam seporsi seblak, biasanya kamu bisa menemukan berbagai jenis kerupuk basah, mie, ayam, telur, bakso dan sosis.
2. Lotek
Makanan Khas Daerah Sunda, Ini 8 Menu yang Menggugah Selera (814984)
searchPerbesar
Ilutrasi lotek sebagai salah satu makanan khas daerah Sunda. Sumber: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta
Lotek sering kali dikira gado-gado. Meski sekilas tampak mirip, ada satu hal yang membedakannya dengan gado-gado yakni hadirnya kencur di dalam bumbu kacangnya.
ADVERTISEMENT
Dalam satu piring lotek, kamu bisa menemukan berbagai jenis sayuran yang telah direbus, lalu dicampur dengan saus kacang, dan terakhir ditambahkan bawang goreng serta kerupuk di atasnya.
3. Karedok
Makanan Khas Daerah Sunda, Ini 8 Menu yang Menggugah Selera (814985)
searchPerbesar
Karedok sebagai salah satu makanan khas daerah Sunda. Sumber: Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
Makanan khas daerah Sunda yang satu ini bisa dibilang adalah saudara dari lotek. Sama-sama berisi sayuran yang diberi sambal kacang, taburan bawang goreng, dan makin lezat jika dinikmati dengan kerupuk ini memang menjadi makanan yang pas untuk disantap ketika makan siang.
Lantas apa yang membedakannya dari lotek? Nah, alih-alih menggunakan sayuran matang, karedok justru menggunakan sayuran mentah dan campuran kemangi sehingga menciptakan rasa yang spesial.
4. Gepuk
Gepuk merupakan olahan daging sapi yang telah dibumbui, direbus, dan digoreng. Makanan khas daerah Sunda ini memiliki bentuk pipih karena telah dipukul sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Proses pemukulan daging hingga gepeng itulah yang dinamakan gepuk sehingga makanan ini dijuluki sebagai daging gepuk. Bercita rasa manis dan gurih, lauk gepuk siap untuk menemani nasi hangatmu.
5. Nasi Timbel
Nasi timbel adalah nasi yang disajikan di dalam bungkusan daun pisang dan dilengkapi dengan berbagai lauk khas Sunda lainnya seperti sayur asem, ikan asin, empal, aneka pepesan, tahu goreng, tempe goreng, dan lain-lain.
6. Nasi liwet
Nasi liwet selalu berasosiasi dengan Kota Solo. Namun kenyataannya, nasi liwet juga menjadi makanan khas daerah Sunda yang kerap dinikmati.
Nasi liwet memiliki rasa gurih akibat dicampur dengan berbagai bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, daun salam, dan sereh. Untuk membuatnya semakin 'maknyus', olahan nasi timbel akan ditambahkan petai dan ikan asin seperti teri atau jambal roti.
ADVERTISEMENT
7. Bandros
Bandros adalah camilan manis sekaligus gurih yang sering kita temui. Kue tradisional ini dibuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, daun suji, dan santan. Setelah matang, bandros biasa diberi tambahan gula tepat di atasnya.
8. Surabi
Makanan Khas Daerah Sunda, Ini 8 Menu yang Menggugah Selera (814986)
searchPerbesar
Surabi Bandung sebagai salah satu makanan khas daerah Sunda. Sumber: Prokopim Kota Bandung
Surabi adalah kue tradisional khas Jawa Barat yang berbentuk bulat dan terbuat dari adonan tepung terigu, tepung beras, dan parutan kelapa muda.
Surabi bisa diberi topping manis maupun asin sesuai selera. Camilan ini paling nikmat dimakan saat kondisinya masih panas ataupun hangat.
Nah itu dia tadi makanan khas daerah Sunda yang begitu menggugah selera. Dari delapan makanan yang ada di atas, mana saja yang pernah kamu cicipi?
(SYA)