Menu Sambal Bakar Indonesia, Viral dan Nikmat

Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
17 Februari 2023 9:51
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Menu Sambal Bakar Indonesia. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Menu Sambal Bakar Indonesia. Foto: kumparan
Sambal Bakar Indonesia adalah restoran yang sedang viral belakangan ini. Menu Sambal Bakar Indonesia rata-rata makanan Nusantara, seperti olahan ayam, telur, hingga ikan lele yang disantap dengan sambal.
Buat yang belum tahu, restoran Sambal Bakar Indonesia adalah milik TikToker terkenal, yakni Benjamin atau dikenal lebih dikenal dengan nama Iben.
Meski milik influencer, tapi restoran ini enggak hanya jual nama, lho. Buktinya, restoran Sambal Bakar Indonesia ini selalu memiliki antrean yang panjang.
Kini, Sambal Bakar Indonesia sudah punya cabang di Pasar Lama, Grogol, Serang, Pondok Ranji, Duren Sawit, dan Surabaya. Restorannya buka setiap hari, mulai pukul 10:00-24:00 WIB.
Menu Sambal Bakar Indonesia yang paling andalan adalah sambalnya. Ada 3 jenis sambal yang dibakar dengan preferensi rasa berbeda. Berikut pilihannya:

1. Sambal Bakka

Sambal Bakka adalah sambal tomat dengan karakter sambal yang tidak terlalu pedas. Sambal Bakka disebut juga Pedas Manjah, cocok untuk kamu yang tidak sanggup makan pedas, tapi pengin mencoba rasanya.
Sambal Bakka terbuat dari sambal goreng terasi dan tomat, sehingga ada cita rasa manis dan gurih. Warnanya merah agak kekuningan, menunjukkan bahwa sambal ini tidak begitu pedas.

2. Sambal Bara

Sambal Bara adalah sambal bawang dengan karakter sambal yang lebih pedas. Sambal Bara disebut juga Pedas Sopan, cocok untuk kamu yang sudah berpengalaman menangani makanan pedas.
Sambal Bara memiliki warna merah yang mencolok saking pedasnya. Pedasnya menyengat karena menggunakan bawang serta cabai rawit yang melimpah.

3. Sambal Gajja

Sambal Gajja adalah sambal hijau. dengan karakter sambal yang sangat pedas. Sambal Gajja disebut juga Pedas Abiss, cocok buat kamu yang pengin merasakan makanan pedas maksimal.
Sesuai namanya, Sambal Gajja menggunakan cabai rawit hijau, sehingga warnanya hijau mengintimidasi. Rasa pedas Sambal Gajja adalah yang paling pedas di antara semua sambal.
Tentunya Sambal Bakar Indonesia enggak hanya menjual sambal. Mereka menyediakan lauk pauk beserta nasi. Berikut beberapa pilihan menu pelengkap Sambal Bakar Indonesia.

1. Sambak Kulit Ayam

Sambak kulit ayam dibuat dengan racikan bumbu ungkep. Kulit ini kemudian digoreng, sehingga teksturnya renyah. Namun, rasa bumbunya kaya banget.
Kelezatan bumbu ini dipengaruhi oleh potongan kulit ayam yang lebih kecil dan tipis. Jadi bumbu ungkepnya meresap sempurna ke dalam kulit. Pokoknya nikmat banget dimakan bareng sambal dan nasi.

2. Ayam Goreng

Ayam goreng di Sambal Bakar Indonesia rasanya cenderung mirip dengan ayam goreng buatan ibu di rumah. Namun, teksturnya lebih lembut dan juicy lagi. Bagian luarnya pun renyah.
Ayam goreng ini nikmat dipadukan dengan sambal barra yang pedasnya menusuk, dijamin ketagihan!

3. Sambak Telur Barendo

Sambak telur barendo di restoran ini beda dengan telur barendo di restoran pada umumnya. Sambal Bakar Indonesia menyajikan telur barendo yang ditambahkan beragam isian sayuran.
Selain itu sambak telur barendo di restoran ini menggunakan telur ayam, bukan telur bebek. Jadi, yang lebih suka telur ayam, kamu pasti akan suka sambal telur barendo.

4. Sambak Lele goreng

Jangan lewatkan menu lele goreng di Sambal Bakar Indonesia. Lele goreng adalah salah satu menu yang paling banyak dipesan pelanggan, lho!
Lele goreng ini memiliki tekstur yang renyah di bagian luar tetapi juicy di bagian dalamnya. Rasanya segar banget, bumbunya tidak terlalu banyak sehingga cita rasa asli lele yang lembut dan manis bisa terasa.
Nah, itulah sejumlah menu Sambal Bakar Indonesia. Yuk, segera cobain makanannya!
(DEL)
Sambal Bakar Indonesia punya siapa?
chevron-down
Sambal apa yang paling pedas di Sambal Bakar Indonesia?
chevron-down
Sambal apa yang tidak terlalu pedas di Sambal Bakar Indonesia?
chevron-down