Food & Travel
·
9 Juni 2021 5:26
·
waktu baca 3 menit

Rumah Adat Papua, Ini 5 Hunian Tradisional Suku Aslinya

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Rumah Adat Papua, Ini 5 Hunian Tradisional Suku Aslinya (159888)
Rumah adat Papua. Sumber: shutterstock
Rumah adat Papua adalah rumah tradisional yang ditinggali oleh suku asli yang hidup di pulau paling timur Indonesia. Pemerintah Provinsi Papua, melalui halaman resminya, menyebutkan bahwa luas Pulau Papua ialah sebesar 420.540 km.
ADVERTISEMENT
Tahukah kamu bahwa Papua adalah pulau terbesar yang ada di Indonesia dan terbesar kedua di dunia setelah Greenland? Di pulau sebesar itu, hidup sekitar 255 suku asli yang tersebar di alam Papua yang masih berlembah dan masih merupakan daerah rawa-rawa serta hutan lebat. Namun mengingat Indonesia adalah negara berbentuk kepulauan yang dikelilingi oleh laut, suku yang ada di Papua juga ada yang hidup di sepanjang garis pantai.
Mengingat fakta di atas, masyarakat asli Papua pasti memiliki hunian tradisional berupa rumah adat yang ditinggali dan diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang mereka.
Penasaran? Berikut 5 rumah adat Papua yang telah berhasil dirangkum melalui jurnal Karakteristik Arsitektur Papua (2014) oleh Nur Fauziah dan tentu sangat menarik untuk diulik lebih lanjut!
ADVERTISEMENT

5 Rumah Adat Papua

1. Rumah Tradisional Suku Mee
Rumah Adat Papua, Ini 5 Hunian Tradisional Suku Aslinya (159889)
Ilustrasi Suku Mee yang menghuni rumah adat Papua. Sumber: PMB LIPI
Rumah adat Papua pertama adalah rumah tradisional yang dihuni oleh sebuah suku bernama Suku Mee. Uniknya, rumah mereka tidak dinamakan secara spesifik seperti rumah adat pada umumnya dan hanya disebut dengan Rumah Tradisional Suku Mee.
Suku Mee sendiri hidup di daerah pegunungan. Oleh karena itu pola pemukimannya terpencar mengikuti alur perbukitan, jalur jalan, dan aliran sungai.
Bentuk dari rumah tradisional ini berupa persegi empat, berupa rumah panggung, dan memiliki bagian kepala, badan, serta kaki rumah.
2. Rumah Kariwari
Rumah Adat Papua, Ini 5 Hunian Tradisional Suku Aslinya (159890)
Rumah adat Papua Kariwari. Sumber: Jakarta Tourism
Rumah adat Papua selanjutnya ialah Rumah Kariwari yang merupakan kediaman Suku Tobati. Suku ini hidup di pesisir Teluk Yotefa sehingga hunian tradisional Kariwari mengikuti garis pantai dan berdiri secara tegak lurus sesuai dengan arah angin dan gelombang yang ada.
ADVERTISEMENT
Rumah Kariwari mempunyai ciri khusus, yaitu atap limas perisai yang bersusun tiga dengan bentuk geometris bangunan berbentuk persegi empat.
3. Rumah Honai
Rumah Adat Papua, Ini 5 Hunian Tradisional Suku Aslinya (159891)
Rumah adat Papua Honai. Sumber; Portal Informasi Indonesia
Diantara rumah adat Papua yang lain, Rumah Honai merupakan tempat tinggal tradisional yang paling dikenal oleh banyak orang. Betul kan? Rumah Honai adalah hunian kebanggaan Suku Dani yang hidup di Lembah Baliem.
Rumah adat ini memiliki pola permukiman dalam satu perkampungan yang terpencar dan uniknya memiliki pola yang akan membentuk melingkar layaknya huruf U.
4. Rumah Kaki Seribu
Rumah Adat Papua, Ini 5 Hunian Tradisional Suku Aslinya (159892)
Rumah adat Papua Kaki Seribu. Sumber: Portal Informasi Indonesia
Memiliki nama yang unik, Rumah Kaki Seribu adalah rumah adat yang dihuni oleh Suku Arfak. Dengan tiang-tiang penyangga rumah yang begitu banyak, alhasil rumah ini disebut dengan Kaki Seribu.
Suku Arfak ini hidup di daerah pegunungan sehingga tiang penyangga bangunan rumah berfungsi untuk melindungi mereka dari ancaman serangan hewan buas.
ADVERTISEMENT
Rumah yang kerap disebut dengan Mod Aki Aksa ini biasanya ditemukan di daerah yang tinggi berupa lereng pegunungan, hutan-hutan, jauh dari air, dan area terbuka.
5. Rumah Jew
Rumah Adat Papua, Ini 5 Hunian Tradisional Suku Aslinya (159893)
Rumah adat Papua Jew si Rumah Bujang. Sumber: Pemerintah Kabupaten Asmat
Rumah Jew adalah rumah tinggal milik Suku Asmat yang hidup di pesisir pantai sehingga dapat mudah ditemukan di sepanjang garis pantai dan di dekat sungai.
Pola permukiman Suku Asmat ini adalah linier dan berderet mengikuti garis pantai yang ada. Uniknya, Rumah Jew juga disebut dengan rumah bujang karena menurut informasi yang dilansir melalui asmatkab.go.id, rumah adat ini ternyata hanya dihuni oleh laki-laki saja.
Nah, itu dia tadi 5 rumah adat Papua yang telah kita simak bersama. Unik dan menarik sekali bukan?
(SYA)
ADVERTISEMENT