Food & Travel
·
6 Juli 2021 5:28
·
waktu baca 2 menit

Tarian Daerah Indonesia, 5 Ini Membanggakan

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Tarian Daerah Indonesia, 5 Ini Membanggakan (517259)
searchPerbesar
Ilustrasi salah satu tarian daerah Indonesia. Sumber: Kemenag DKI Jakarta
Tarian daerah Indonesia merupakan salah satu wujud budaya nusantara. Setiap tari tradisional memiliki gerak, pola lantai, kostum, properti, jumlah penari, dan alat musik pengiring yang khas dan berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Lantas, apa saja tarian daerah Indonesia yang menjadi kebanggaan dan telah terkenal ke kancah dunia internasional? Yuk simak informasinya di bawah ini!

5 Tarian Daerah Indonesia

1. Tari Saman, Aceh

Tarian Daerah Indonesia, 5 Ini Membanggakan (517260)
searchPerbesar
Tari Saman sebagai salah satu tarian daerah Indonesia. Sumber: Pemerintah Kabupaten Pidie-Provinsi Aceh
Tari saman adalah salah satu tarian daerah Indonesia milik masyarakat Gayo di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh.
Dilansir melalui buku Saman, Kesenian Tanah Gayo (2014) yang ditulis oleh Dr. Rajab Bahry, M. Pd., dkk, tari saman telah dikenal luas dan sering sekali ditampilkan pada ajang pementasan nasional dan internasional.
Tari ini terkenal akan gerakan tangan dan kepala dengan tempo yang semakin lama semakin cepat. Pada tahun 2011 lalu, tari saman bahkan telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

2. Tari Piring, Sumatera Barat

Tarian Daerah Indonesia, 5 Ini Membanggakan (517261)
searchPerbesar
Tari Piring sebagai salh satu tarian daerah Indonesia. Sumber: Encyclopedia DKI Jakarta
Tari piring merupakan seni tari tradisional yang berasal dari Solok, Provinsi Sumatera Barat. Dilansir melalu laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, salah satu tarian daerah Indonesia ini selalu ditampilkan pada acara penting masyarakat Minangkabau, seperti pernikahan, penyambutan tamu kehormatan, pegelaran seni, upacara adat, dan lain-lain. Yang khas pada tari piring adalah properti piring yang digunakan oleh penarinya yang biasanya berjumlah sebanyak tiga sampai tujuh orang baik laki-laki maupun perempuan.
ADVERTISEMENT

3. Tari Jaipong, Jawa Barat

Tarian Daerah Indonesia, 5 Ini Membanggakan (517262)
searchPerbesar
Tari Jaipong sebagai salah satu tarian daerah Indonesia. Sumber: Fahrul Jayadiputra/ANTARA FOTO
Tari jaipong adalah tarian kebanggaan masyarakat Jawa Barat yang lahir dari dua seniman ternama, yakni Gugum Gumbira dan H Suwanda.
Melalui jurnal Pengkajian Gaya Busana Tari Jaipongan Karya Sang Maestro (2020) oleh Muhamad Caesar Jumantri dan Trianti Nugraheni disebutkan bahwa di awal kehadiranya gerakan dari tarian daerah Indonesia ini ialah perpaduan antara ketuk tilu, ronggeng, dan pencak silat.

4. Tari Serimpi, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tarian Daerah Indonesia, 5 Ini Membanggakan (517263)
searchPerbesar
Tari Serimpi sebagai salah satu tarian daerah Indonesia. Sumber: Kemdikbud
Tari serimpi adalah tarian yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Melalui informasi yang dilansir melalui laman radioedukasi.kemdikbud.go.id, tarian ini merupakan tari klasik yang hanya ditampilkan di wilayah keraton karena dianggap sebagai pusaka yang luhur.
Tari serimpi sendiri hanya bisa ditarikan oleh keluarga kerajaan karena sifatnya yang sakral. Seni tari serimpi biasa ditampilkan oleh empat penari yang menyimbolkan empat arah angin dan empat elemen bumi.
ADVERTISEMENT

5. Tari Remo, Jawa Timur

Tarian Daerah Indonesia, 5 Ini Membanggakan (517264)
searchPerbesar
Tari Remo sebagai salah satu tarian daerah Indonesia. Sumber: Kemdikbud
Tari remo adalah seni tari tradisional daerah yang terkenal melambangkan keberanian dan kegagahan seorang pangeran. Tari remo sendiri berasal dari Jombang, Jawa Timur.
Laman encyclopedia.jakarta-tourism.go.id menyebutkan bahwa gerakan khas pada tari remo adalah kolaborasi antara gerakan kaki, suara gelang lonceng yang sengaja digunakan pada pergelangan kaki para penari, dan alunan musik yang mengiringi.
Nah itu dia tadi beberapa tarian daerah Indonesia yang patut dibanggakan. Tentu masih banyak lagi seni tari tradisional nusantara yang tak kalah mengesankan. Tertarik untuk mempelajarinya?
(SYA)