Food & Travel
·
9 Juni 2021 5:27
·
waktu baca 3 menit

Tempat Wisata di Jakarta, Ini 4 Destinasi Seni dan Budaya Ibu Kota

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Tempat Wisata di Jakarta, Ini 4 Destinasi Seni dan Budaya Ibu Kota (37073)
Ilustrasi berkunjung ke sebuah galeri seni sebagai pilihan tempat wisata di Jakarta. Foto: Markus Spiske/pexels
Tempat wisata di Jakarta? Duh, banyak sekali destinasi yang bisa dipilih sebagai pilihan liburan. Namun, karena terlalu banyak tempat yang bisa dikunjungi, kita malah jadi bingung untuk menentukan pilihan atau malah sangat bosan karena kerap berkunjung ke tempat yang itu-itu saja.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk kamu yang tengah mencari tempat wisata di Jakarta yang tak membosankan, tidak ada salahnya menelusuri tempat wisata seni dan budaya yang sangat jarang diketahui banyak orang.
Padahal, wisata seni dan budaya di DKI Jakarta ini luar biasa menarik dan begitu mengaggumkan,tetapi entah mengapa banyak di antara kita yang bahkan tidak tahu mengenai keberadaan tempat-tempat ini. Gak percaya?

Yuk simak tempat wisata di Jakarta yang kaya akan seni dan budaya berikut ini!

1. Tugu Kunstkring Paleis
Tempat Wisata di Jakarta, Ini 4 Destinasi Seni dan Budaya Ibu Kota (37074)
Salah satu ruang makan Tugu Kunstkring Paleis sebagai tempat wisata di Jakarta. Sumber: Tugu Hotels
Tempat wisata di Jakarta yang kaya akan seni dan budaya pertama jatuh pada Tugu Kunstkring Paleis. Destinasi yang berlokasi di Jalan Teuku Umar No 1, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat ini merupakan sebuah restoran fine dining sekaligus galeri seni.
ADVERTISEMENT
Yang mengaggumkan, karena berfungsi juga sebagai sebuah galeri seni, tempat ini memiliki arsitekrur cantik yang sangat mewah dengan desain interiornya yang berupa hasil karya seni untuk membangun suasana yang memang menjadi misi dari Tugu Kunstkring yakni the art, soul dan romance of Indonesia.
Tempat Wisata di Jakarta, Ini 4 Destinasi Seni dan Budaya Ibu Kota (37075)
Galeri seni Tugu Kunstkring Paleis sebagai tempat wisata di Jakarta. Sumber: Tugu Hotels
Faktanya, dahulu Tugu Kunstkring Paleis adalah gedung peninggalan Lingkar Seni Hindia Belanda yang didirikan pada 1 April 1902 dan dibuka untuk umum pada 1 April 1914 untuk mewujudkan antusiasme dan mempromosikan segala sesuatu yang berhubungan dengan seni. Waktu itu, tempat ini bahkan pernah menyajikan karya agung dari Pablo Picasso, Vincent van Gogh, dan lain-lain.
2. Galeri Nasional Indonesia
Tempat Wisata di Jakarta, Ini 4 Destinasi Seni dan Budaya Ibu Kota (37076)
Bangunan Galeri Nasional Indonesia sebagai tempat wisata di Jakarta. Sumber: Kemdikbud
Galeri Nasional Indonesia adalah wujud dari upaya pembangunan Pusat Kebudayaan Nasional yang telah ada sejak tahun 60-an.
ADVERTISEMENT
Dilansir melalui galeri-nasional.or.id, Galeri Nasional Indonesia memiliki beragam koleksi lukisan, fotografi, patung, seni instalasi, dan 1.785 buah koleksi lain dari seniman Indonesia dan mancanegara.
Tak hanya menyajikan berbagai koleksi seni, terdapat aktivitas menarik lain yang berkaitan dengan seni dan budaya berupa seminar, pameran, festival, diskusi, pemutaran film, dan penampilan kesenian.
Seluruh fasilitas di atas bisa kamu akses secara gratis setiap hari Selasa sampai Minggu mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore.
3. Museum Seni Rupa dan Keramik
Tempat Wisata di Jakarta, Ini 4 Destinasi Seni dan Budaya Ibu Kota (37077)
Salah satu koleksi Museum Seni Rupa dan Keramik sebagai pilihan tempat wisata di Jakarta. Sumber: Mitra Museum Jakarta
Museum Seni Rupa dan Keramik melalui laman resminya menyebutkan bahwa mereka memiliki visi untuk menjadi pusat pelestarian seni rupa Indonesia dan menjadi tujuan kunjungan wisata seni budaya bertaraf internasional.
Museum Seni Rupa dan Keramik sendiri sebelum berdiri telah melewati banyak liku sejarah hingga akhirnya pada tahun 1990 resmi menjadi sebuah museum.
ADVERTISEMENT
Tak main-main, museum seni ini memiliki kurang lebih sekitar 450 koleksi berupa lukisan dan sketsa serta keramik nusantara dan muatan kapal tenggelam yang berjumlah sebanyak 5.000 koleksi.
Museum Seni Rupa dan Keramik yang mengagumkan ini berlokasi di Jalan Pos Kota No 2, Jakarta Barat yang buka setiap hari Selasa sampai Minggu pukul 8 pagi hingga 5 sore. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau yakni sekitar Rp 2.000-Rp 5.000 saja.
4. Bartele Gallery
Tempat Wisata di Jakarta, Ini 4 Destinasi Seni dan Budaya Ibu Kota (37078)
Koleksi milik Bartele Gallery yang merupakan tempat wisata di Jakarta. Sumber: Bartele Gallery
Tak kalah mengagumkan dari tempat wisata seni dan budaya sebelumnya, Bartelle Gallery sebetulnya adalah sebuah toko yang menjual peta, tulisan, dan buku antik. Namun yang mencengangkan, menurut halaman resminya, Bartelle Gallery memiliki koleksi antik yang telah mencapai angka 50.000 buah!
ADVERTISEMENT
Faktanya, seperti yang dilansir melalui laman encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, Bartelle Gallery menjadi satu-satunya toko di Indonesia yang menjual berbagai peta, buku, tulisan hingga pajangan antik yang memiliki umur lebih dari 500 tahun.
Meskipun berupa toko, namun pengunjung umum boleh datang berkunjung untuk menikmati koleksi galeri di lantai dua Mandarin Oriental Hotel Jalan M.H. Thamrin setiap hari mulai pukul 11 pagi hingga 10 malam.
Bagaimana? Setelah menyimak, tempat wisata di Jakarta berupa 4 tempat kaya seni dan budaya ini begitu mengagumkan bukan? Yuk segera jadwalkan kunjunganmu ketika akhir pekan tiba!
(SYA)