Cara Aman Menjalankan Trading Crypto Indonesia

Univ. Mercu Buana 2019
Konten dari Pengguna
6 Agustus 2021 21:28
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Lisa Ramadhanty tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Aman Menjalankan Trading Crypto Indonesia (11432)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Cryptocurrency merupakan aset berharga bagi investor yang harus dijaga keamanannya dengan baik. Selain proteksi keamanan dengan menyimpan cryptocurrency melalui berbagai jenis wallet (dompet) yang diulas banyak investor, ternyata masih ada beberapa proteksi lain yang bisa Anda lakukan untuk melindungi aset digital tersebut.
ADVERTISEMENT
Berikut ini alternatif melakukan trading crypto Indonesia dengan proteksi yang aman bagi investor.
Membuat Cadangan
Cadangkan seluruh dompet bitcoin Anda lebih awal dan sesering mungkin. Jika terjadi kegagalan komputer, riwayat pencadangan rutin mungkin satu-satunya cara untuk memulihkan mata uang di dompet digital. Pastikan untuk membuat cadangan semua di file wallet.dat dan kemudian simpan cadangan di beberapa lokasi aman (seperti di USB, di hard drive, dan di CD). Tidak hanya itu, atur kata sandi yang kuat pada cadangan tersebut.
Pembaruan perangkat lunak
Selalu perbarui perangkat lunak Anda. Dompet yang menggunakan perangkat lunak bitcoin yang tidak diperbarui dapat menjadi sasaran empuk bagi peretas. Versi terbaru perangkat lunak dompet akan memiliki sistem keamanan yang lebih baik sehingga meningkatkan keamanan bitcoin Anda. Jika perangkat lunak Anda diperbarui dengan perbaikan dan protokol keamanan terbaru, Anda dapat menghindari krisis besar karena peningkatan keamanan dompet. Perbarui perangkat seluler atau sistem operasi dan perangkat lunak komputer Anda secara konsisten untuk membuat bitcoin Anda lebih aman.
ADVERTISEMENT
Multi-Signature
Konsep multi-signature makin tinggi mendapatkan popularitas. System pengamanan ini melibatkan persetujuan dari sejumlah orang (katakanlah 3 sampai 5) untuk sebuah transaksi berlangsung. Dengan demikian, cara ini efektif membatasi ancaman pencurian karena pengontrol atau server tunggal tidak dapat melakukan transaksi (yaitu, mengirim bitcoin ke suatu alamat atau menarik bitcoin). Orang-orang yang dapat bertransaksi ditentukan di awal dan ketika salah satu dari mereka ingin membelanjakan atau mengirim bitcoin, mereka meminta orang lain dalam grup untuk menyetujui transaksi tersebut.
Online Wallet
Dompet online adalah perangkat lunak atau layanan web yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengontrol informasi belanja online mereka, seperti login, kata sandi, alamat pengiriman, dan detail kartu kredit. Ini juga memberikan metode bagi konsumen untuk membeli produk dari pengecer online.
ADVERTISEMENT
Sistem ini dapat diintegrasikan secara langsung atau dapat digabungkan dengan pembayaran operator dan kartu kredit melalui platform pembayaran web seluler terpadu. Contohnya termasuk Google Wallet, PayPal, Yandex.Mone dsb.
Cold Wallet
Dompet ini menyimpan alamat pengguna dan kunci pribadi pada sesuatu yang tidak terhubung ke internet dan biasanya dilengkapi dengan perangkat lunak yang bekerja secara paralel sehingga pengguna dapat melihat portofolio mereka tanpa membahayakan kunci pribadi mereka.
Kesimpulan
Dompet Bitcoin bukanlah barang fisik tetapi program perangkat lunak untuk menyimpan dan memperdagangkan Bitcoin. Dompet berisi kunci pribadi untuk keamanan. Kuncinya sesuai dengan alamat dompet. Empat jenis dompet Bitcoin adalah desktop, seluler, web, dan perangkat keras.
Dompet Bitcoin juga disebut sebagai Dompet digital. Untuk berdagang Bitcoin, seorang pedagang harus membuat dompet digital. Dompet Bitcoin dianalogikan dengan dompet fisik. Namun, alih-alih menyimpan mata uang fisik, dompet menyimpan informasi yang relevan seperti kunci pribadi aman yang digunakan untuk mengakses alamat Bitcoin dan melakukan transaksi. Jenis dompet Bitcoin adalah desktop, seluler, web, dan perangkat keras. Memilih platform aplikasi yang tepat merupakan gerbang awal melakukan transaksi crypto yang aman dan menguntungkan.
ADVERTISEMENT