kumparan
13 Apr 2019 21:52 WIB

Ditekuk SPAL, Pesta Juara Juventus Tertunda

Para pemain SPAL rayakan gol ke gawang Juventus. Foto: REUTERS/Alberto Lingria
Juventus terpaksa menunda perayaan gelar juara Serie A musim 2018/19. Pasalnya, I Bianconeri takluk 1-2 dari SPAL 2013 di Stadio Paolo Mazza, Sabtu (13/4/2019) malam WIB. Juventus sempat unggul lebih dulu lewat sepakan Moise Kean, tapi SPAL bangkit dengan membalas dua gol via penyelesaian akhir Sergio Floccari dan Kevin Bonifazi.
ADVERTISEMENT
Dengan hasil ini, Juventus tak beranjak dari puncak klasemen dengan torehan 84 poin. Atau unggul 20 poin atas Napoli yang berada di peringkat kedua. Sementara, SPAL naik ke posisi ke-13 dengan koleksi 35 poin.
***
Melawan SPAL, pelatih Massimiliano Allegri melakukan perombakan total terhadap susunan kesebelasan Juventus. Tidak ada Cristiano Ronaldo atau Mario Mandzukic sebagai ujung tombak. Sebagai gantinya, Paulo Dybala dan si pemuda spesial itu, Moise Kean, menjadi duo striker.
Di sektor wing-back kiri dan kanan, Allegri memercayakannya kepada Leonardo Spinazzola dan Joao Cancelo. Trio Grigos Kastanos-Rodrigo Bentancur-Juan Cuadrado menghuni lini tengah. Untuk sektor lini belakang, Paolo Gozzi dan Mattia De Sciglio menemani Andrea Barzagli.
Penjaga gawang juga tak luput dalam rotasi hebat Juventus pada laga ini. Jika biasanya Wojciech Sczczesny dipercaya menjadi kiper, untuk laga ini Mattia Perin mengemban tugas tersebut. Walau Juventus merotasi skuat, SPAL tetap menurunkan pemain-pemain terbaiknya dalam formasi 3-5-2.
ADVERTISEMENT
Sejak awal hingga babak pertama tuntas, Juventus mendominasi alur serangan dengan catatan 9 tembakan seabagai bukti. Walau begitu, bukan berarti Kean cs. tak menemukan kesulitan karena SPAL begitu disiplin dalam merapatkan jarak antarlini demi menyumbat pergerakan lini tengah.
Alhasil, butuh siasat tak biasa bagi Juventus untuk mencetak gol pada menit ke-30. Prosesnya bermula dari aksi dribel Cancelo dari pinggir lapangan. Setelahnya, eks full-back Valencia ini melepas tembakan dari luar kotak penalti.
Sebenarnya, ruang tembak Cancelo sudah berhasil ditutup para pemain SPAL. Hanya, saat kiper telah tepat menebak arah bola, Kean membelokkan tembakan Cancelo dengan kaki kanannya. Setelahnya, Kean merayakan gol keenamnya di ajang Serie A musim ini.
Moise Kean merayakan golnya ke gawang SPAL bersama rekan-rekannya. Foto: REUTERS/Alberto Lingria
Setelah tertinggal 0-1 di babak pertama, SPAL mencoba memberikan perlawanan sengit di babak kedua. Hasilnya telah nampak di menit ke-49. Usai Pasquale Schiattarella melepas umpan lambung, Kevin Bonifazi mencetak gol via sundulan.
ADVERTISEMENT
Setelah gol itu, SPAL terus mengancam pertahanan Juventus melalui skema serangan cepat. Pada akhirnya, Sergio Floccari bisa mencetak gol dalam skema tersebut pada menit ke-74. Setelah tertinggal 1-2, Juventus kian agresif dalam menyerang. Kendati demikian, tidak ada gol tercipta hingga laga tuntas yang melahirkan kekalahan buat 'Si Nyonya Tua'.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan