Pencarian populer

Gol Tunggal Mahrez Bawa City Menang atas Bournemouth

Para pemain City merayakan gol Riyad Mahrez (kanan). Foto: REUTERS/Dylan Martinez
Manchester City sukses membawa tiga angka dari kandang Bournemouth dalam lanjutan pekan ke-29 Premier League 2018/19. Berlaga di Vitality Stadium, Sabtu (2/3/2019) malam WIB, Riyad Mahrez menjadi pahlawan kemenangan City karena menjadi sosok penting di balik kemenangan 1-0 City.
ADVERTISEMENT
Hasil positif yang diraih City untuk sementara waktu membawa The Citizen ke puncak klasemen dengan mengantongi 71 poin. Sementara lawan mereka masih berkutat di posisi 12 dengan 34 poin.
Pep Guardiola masih masih belum mau beranjak dari pakem 4-3-3 yang kadung menjadi ciri khas City. Dalam susunan sebelas awal, ketiadaan Fernandinho lantaran cedera digantikan oleh Ilkay Gundogan untuk menyokong Raheem Sterling, Sergio Aguero dan Bernardo Silva di lini depan.
Eddie Howe merespons taktik Guardiola dengan pakem 3-4-3 diamond dengan Nathan Ake menjadi kunci di lini belakang. Sementara lini tengah Bournemouth dipercayakan pada Charlie Daniels, Nathanile Clyne, dan Andrew Surman. Joshua King kali ini dipercaya menjadi juru gedor.
ADVERTISEMENT
Mengawali babak pertama, keputusan Howe menumpuk empat gelandang bertipe bertahan memang menyulitkan David Silva dan Kevin De Bruyne untuk melepaskan umpan kepada Sergio Aguero di lini depan. Tak sampai di sana, Clyne dan Daniels, yang ditugakan menempel ketat Sterling dan Bernardo Silva, juga sukses membikin sisi sayap City tak bekerja maksimal.
Alhasil, sepanjang babak pertama, Bournemouth yang hanya bermain menunggu dan melancarkan serangan balik, sukses membikin City hanya melepaskan empat tembakan. Dari catatan tersebut, tak satupun yang betul-betul membuat Arthur Boruc melakukan penyelamatan penting.
Ketika Kevin de Bruyne mencoba melewati Nathan Ake. Foto: REUTERS/Dylan Martinez
Tiga menit setelah kembali dari ruang ganti, City harus kehilangan De Bruyne. Kondisi ini membuat Guardiola mengubah sedikit pola serangan. Jika babak pertama City mengawali serangan dari lini tengah, sejak awal babak kedua Guardiola menginstruksikan sisi sayap untuk lebih eksplosif.
ADVERTISEMENT
Hasilnya memang terasa. Sebab, pada menit ke-55 lewat inisasi serangan sayap yang diawali oleh Oleksandr Zinchenko, David Silva bisa melepas umpan kepada Riyad Mahrez. Kemudian, pemain berkebangsaan Aljazair itu sukses menaklukkan Boruc lewat sepakan dari tiang dekat.
Selepas gol Mahrez, momentum menjadi milik City dan mereka terus mencoba mendulang gol dari sisi kiri. Kans kemudian kembali didapatkan Sterling melalui pola yang sama 10 menit setelahnya, akan tetapi usaha pemain 24 tahun yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Boruc hanya berbuah sepak pojok.
Serangan demi serangan yang dilancarkan City membuat Bournemouth tak mampu berbuat banyak di babak kedua. Bahkan, pertahanan The Cherries sepanjang 20 menit jelang bubaran kian dibombardir oleh Aguero, David Silva dan Sterling. Tetapi, tak ada gol tambahan yang bisa dihasilkan City hingga laga rampung.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86